Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Guru, Manfaatkan 5 Aplikasi Pembuat Media Pembelajaran Interaktif

Kompas.com - 22/10/2021, 15:27 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Pembelajaran yang menyenangkan dapat membuat kelas daring terasa lebih nyaman bagi murid. Salah satu cara yang dapat dilakukan guru agar materi disampaikan secara menarik ialah membuat media pembelajaran yang interaktif.

Sejumlah aplikasi dapat dimanfaatkan oleh guru untuk membuat media pembelajaran yang interaktif.

Contoh media pembelajaran interaktif yang populer saat ini adalah video pembelajaran, games digital, buku digital, power point dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah sejumlah aplikasi multimedia interaktif yang dapat guru coba untuk mengembangkan multimedia pembelajaran berbasis digital, melansir laman Aku Pintar:

Baca juga: Seleksi Guru PPPK Tahap 2, Ini Imbauan Kemendikbud untuk Guru Honorer

1. Aplikasi Canva

Guru dapat memanfaatkan aplikasi Canva untuk membuat media pembelajaran, seperti membuat infografis, rangkuman materi, worksheet, brosur, poster, template presentasi, thumbnail YouTube dan lainnya.

Kelebihan aplikasi Canva adalah telah tersedia template berdasarkan kategori-kategori tertentu.

Ada tujuh kategori yaitu media sosial, presentasi, dokumen, personal, pendidikan, marketing, event, dan iklan.

Guru tinggal memilih template mana yang paling cocok untuk media pengajaran yang ingin dibuat berdasarkan materi dan karakteristik siswa.

Aplikasi ini dapat diakses menggunakan ponsel atau komputer. Sehingga guru dapat membuat media interaktif kapan saja dan di mana saja.

Baca juga: Kemendikbud Ristek Buka Beasiswa Microcredential 2021 bagi Guru

2. Aplikasi Powtoon

Aplikasi Powtoon ini merupakan aplikasi presentasi dan video animasi interaktif.

Guru dapat memanfaatkan aplikasi Powtoon ini untuk mendesain media pembelajaran seperti presentasi, video animasi, infografis bergerak, dan lainnya.

Aplikasi Powtoon dapat membantu guru dalam menjelaskan konsep materi dengan lebih jelas serta menjadi keterbatasan ruang, waktu, dan indera dalam moda pembelajaran jarak jauh seperti sekarang ini.

Terdapat beragam fitur dan template dalam aplikasi Powtoon yang membantu guru Membuat media pembelajaran. Dengan aplikasi ini, guru bisa menambahkan character, text effect, animation, link, background, dan lainnya.

Guru bahkan dapat mengunggah media interaktif yang dihasilkan ke akun YouTube atau media sosial lainnya seperti Facebook. Media pembelajaran yang guru buat di aplikasi Powtoon dapat disimpan dalam beberapa format seperti MP4, PDF, dan PPT.

Baca juga: Lolos PPPK Guru 2021, Ini Strategi Para Guru Hadapi Ujian

3. Aplikasi Prezi

Aplikasi atau software Prezi yang memiliki beberapa persamaan dengan aplikasi powerpoint maupun google slide ini dapat digunakan untuk membuat dan mengelola presentasi secara online.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com