Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/10/2021, 16:38 WIB
Inang Sh ,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com – Generasi Z atau Gen Z adalah kelompok orang yang lahir setelah generasi Y atau milenial. Generasi ini lahir sekitar tahun 1995 sampai dengan 2010-an.

Banyak pihak menyebut Gen Z sebagai i-Generation atau generasi internet. Selain itu, mereka juga akrab dengan bidang teknologi dan menyukai dunia visual.

Mereka juga dianggap suka merayakan gaya hidup, seperti suka mendalami hobi, takut melewatkan suatu tren, melakukan segala sesuatu sendiri, hingga menganggap virtual merupakan bagian dari realitas mereka.

Oleh karenanya, Gen Z pun cenderung jadi pemilih dalam hal pekerjaan, yakni pekerjaan yang sesuai dengan minat dan ketertarikannya.

Baca juga: Mayoritas Gen Z dan Milenial Ingin Punya Bisnis Sendiri

Dengan karakter dan gaya hidup tersebut, berikut 10 peluang kerja Gen Z dan program studi (prodi) kuliah yang mendukung karier mereka, seperti dirangkum Universitas Bina Sarana Informatika (BSI) dalam keterangan tertulisnya kepada Kompas.com, Senin (18/10/2021).

1. Content writer dan creator

Ada banyak kategori writer atau penulis yang bisa ditemukan saat ini, mulai dari content writer, copywriter, ghost writer, dan lainnya.

Bagi Gen Z yang suka berpikir inovatif dan kreatif, mereka bisa menulis konten dengan sangat cakap dan terampil.

Untuk menjadi writer dan creator, Gen Z bisa memilih jurusan Sastra Inggris, Ilmu Komunikasi, atau Humas yang ada di Universitas Bina Sarana Informatika (BSI). Silakan cek tautan berikut pendaftaran.bsi.ac.id.

Baca juga: Lahir di Era Digital, Ini Perbedaan Kebiasaan Gen Z dan Milenial Saat Terkoneksi Secara Digital

Untuk yang lebih tertarik dengan gaya jurnalistik, Gen Z bisa memilih jurusan Jurnalistik di Universitas Multimedia Nusantara (UMN) dengan tautan berikut pmb.umn.ac.id/pmb/web.

Selain itu, Gen Z juga bisa memilih Ilmu Komunikasi yang ada di Universitas Atma Jaya melalui tautan join.atmajaya.ac.id/ dan masih banyak lainnya.

2. UI/UX designer

Bagi Gen Z yang merasa nyaman saat menggunakan sebuah aplikasi karena tampilannya yang bersahabat, maka berterimakasihlah pada UI/UX designer.

Bila tertarik menjadi UI/UX designer, Gen Z bisa memilih prodi Sistem Informasi di Universitas BSI lewat pendaftaran.bsi.ac.id, prodi Teknologi Informasi di Universitas Tarumanegara dengan tautan go.untar.ac.id, prodi Arsitektur di Universitas Brawijaya dengan tautan selma.ub.ac.id dan lainnya.

3. UX writer

Sama-sama menulis namun pekerjaan ini sedikit berbeda dengan content writer. Pekerjaan ini berhubungan dengan pembuatan aplikasi dan UI/UX designer.

Baca juga: 7 Gaya Hidup Milenial Ini Sudah Dianggap Kuno Oleh Gen Z

Tugas UX writer lebih adalah mengisi tulisan di aplikasi yang dibuat UI/UX designer supaya aplikasi yang dibangun bisa dimengerti pengguna.

Bila tertarik menjadi UX writer, Gen Z bisa memilih prodi Desain Komunikasi Visual (DKV) di Universitas Pelita Harapan (UPH) lewat tautan pendaftaran uph.edu/id/admission, atau prodi Ilmu Komputer di UNM dengan tautan daftar.nusamandiri.ac.id.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com