Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/10/2021, 09:27 WIB
Alifia Nuralita Rezqiana,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Jurusan Teknik Elektro sangat jarang ditemukan dalam daftar jurusan perguruan tinggi favorit para calon mahasiswa saat ini. Padahal, sebenarnya lulusan Jurusan Teknik Elektro masih banyak dicari perusahaan.

Untuk diketahui, Teknik Elektro adalah bidang ilmu yang mempelajari listrik beserta aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari.

Teknik Elektro akan membahas konsep, perancangan, pengembangan, dan produksi perangkat listrik serta elektronik.

Tak hanya itu, Jurusan Teknik Elektro juga mengajarkan mahasiswa tentang metode pembangkit listrik dengan sumber energi baru, metode penyimpanan energi, dan metode kontrol penghematan energi.

Baca juga: Ingin Kuliah Jurusan Bahasa? Ini 4 Bahasa Asing Paling Dicari di Dunia Kerja

Alasan memilih Jurusan Teknik Elektro

Kebutuhan ahli teknik elektro di dunia kerja masih tergolong tinggi. Sebab, seseorang dengan kualifikasi pendidikan teknik elektro dibutuhkan pada hampir semua lini industri.

Mulai dari industri telekomunikasi, minyak dan gas, semikonduktor, aerospace, manufaktur, otomotif, transportasi, jasa dan pelayanan, sampai bio engineering.

Umumnya, lulusan Jurusan Teknik Elektro banyak dibutuhkan perusahaan untuk menangani berbagai persoalan listrik dan sistem peralatan elektronik, termasuk membangun sistem distribusi tenaga listrik.

Coba perhatikan, perusahaan mana yang saat ini tidak membutuhkan listrik? Tentu semua kegiatan operasional perusahaan membutuhkan listrik, bukan?

Selain menjadi pekerja yang menangani masalah listrik di perusahaan, lulusan teknik elektro juga bisa menjadi peneliti yang melakukan eksperimen di laboratorium.

Baca juga: Lulusan 8 Jurusan Kuliah Ini Berpeluang Gaji Besar, Ada Jurusan Kamu?

Salah satu kegiatan peneliti di laboratorium adalah melakukan serangkaian tes terhadap desain baru dari suatu penemuan di bidang rekayasa teknik.

Industri bidang minyak dan gas akan sangat membutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang menguasai bidang tersebut.

Seperti diketahui, gaji karyawan yang bekerja di bidang minyak dan gas masih tinggi. Inilah yang menjadi daya tarik Jurusan Teknik Elektro.

Prospek kerja lulusan Jurusan Teknik Elektro sebenarnya cukup luas, seperti menjadi robot engineer, pencipta alat-alat internet of things (IoT), perancang dan teknisi mesin, teknisi dan operator pabrik, ahli robotik, teknisi listrik atau electrical engineer, research and development (RnD), quality assurance and quality control (QA and QC), system analyst, bahkan dosen.

Baca juga: Calon Mahasiswa, Hindari Kesalahan Ini Saat Memilih Jurusan Kuliah

Materi yang dipelajari selama kuliah di Jurusan Teknik Elektro

Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro akan akan belajar tentang aplikasi kelistrikan, elektronika, dan elektromagnetik.

Secara umum, terdapat tiga bidang yang menjadi fokus atau konsentrasi mahasiswa Jurusan Teknik Elektro, yaitu tenaga listrik (arus kuat), elektronika (arus lemah), dan telekomunikasi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com