Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa FBE UAJY Dibekali Pelatihan Dasar Hacker dan Hipster Startup Digital

Kompas.com - 14/10/2021, 10:34 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Menjadi mahasiswa Jurusan Fakultas Bisnis dan Ekonomika (FBE) tak hanya paham bidang ekonomi, manajemen, maupun akuntansi saja, tetapi juga bidang lainnya.

Salah satunya paham mengenai pengetahuan dasar tentang hacker dan hipster ketika nanti memulai sebuah startup bisnis.

Hal inilah yang mendorong FBE Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) bekerja sama dengan Tim Penjajakan dan Implementasi Kerjasama Laboratorium Inovasi Bisnis bersama Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital.

Baca juga: Alumnus Unhas Hadirkan Startup Penghubung Pencari Kerja

Kerja sama tersebut adalah menyelenggarakan Pelatihan Sekolah Beta dalam rangka mendukung pertumbuhan ekosistem startup digital di Indonesia.

Adapun pertemuan yang digelar, Selasa (12/10/2021) tersebut dihadiri oleh Dekan dan Pengurus FBE UAJY. Dari pihak Kominfo RI diwakili oleh Sebastian Alex Dharmawangsa (Direktur Program Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital) dan Irvindio Patrianusa (Regional Officer Kominfo Yogyakarta).

Menurut Sebastian, pengetahuan tersebut diharapkan dapat menjadi pendukung di samping pemahaman mahasiswa pada berbagai konsep yang terkait dengan bidang Ekonomi, Manajemen, maupun Akuntansi.

Terkait dengan Sekolah Beta, Kominfo RI telah melakukan kerja sama dengan sejumlah PTN dan PTS di seluruh Indonesia, termasuk UAJY.

Sementara, Pelatihan Sekolah Beta mempunyai dua program, yaitu program pelatihan dasar tentang tugas hacker dan hipster pada Startup Digital.

Program pelatihan untuk hacker terkait dengan dasar pemrograman aplikasi digital maupun website. Program pelatihan untuk hipster terkait dengan pengenalan disain dan inovasi digital.

Target peserta pelatihan Sekolah Beta adalah mahasiswa aktif FBE UAJY yang memiliki minat untuk terjun dalam bidang start-up.

"Kegiatan tersebut akan dilaksanakan selama 4 minggu pada setiap Hari Sabtu yang dimulai pada akhir bulan Oktober 2021," jelasnya.

Dekan FBE UAJY, Budi Suprapto menyambut baik dan antusias tawaran kerja sama Pelatihan Sekolah Beta.

"Dengan Pelatihan Sekolah Beta kami berharap mahasiswa FBE UAJY dapat memanfaatkan kesempatan emas tersebut," harap Dekan FBE UAJY.

Dikatakan Budi, pelatihan tersebut juga diharapkan sebagai awal pembentukan Laboratorium Inovasi Bisnis dan Laboratorium Ekonomi Terapan FBE UAJY yang dalam proses pembentukan.

Baca juga: Webinar UAJY: 3 Aspek Penting agar Lolos Wawancara Kerja

Kaprodi Ekonomi Pembangunan FBE UAJY, Y. Sri Susilo, mengatakan, FBE UAJY telah menjalin kerja sama dengan sejumlah lembaga/Organisasi.

Seperti Bank Indonesia, ISEI Cabang Yogyakarta, OJK DIY, Pemerintah Daerah, Perusahaan (BUMN/Swasta) dan Perguruan Tinggi baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

"FBE UAJY terus menjajagi peluang kerja sama dengan Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, Perusahaan (BUMN/Swasta) dan lembaga lain untuk mempersiapkan implementasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka)," jelas Sri Susilo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com