Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Rektor PTN Bagikan Tips Persiapan Kampusnya Menuju PTN-BH

Kompas.com - 04/10/2021, 17:18 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Dua Perguruan Tinggi Negeri (PTN) membagikan pengalaman terbaik kampusnya saat menuju status Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH) ke Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Kedua PTN itu datang dari Universitas Negeri Semarang (Unnes) dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Baca juga: 20 Sekolah Terbaik Indonesia Berdasarkan Nilai Rerata UTBK 2021

Rektor Unnes, Prof. Fathur Rokhman membagikan pengalaman terbaik kampusnya untuk menuju status Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH) ke Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Fathur menyampaikan untuk menuju PTN-BH ada hal yang harus diperhatikan oleh semua komponen, terutama civitas akademika UNJ.

Dia mengatakan, hal itu ada kebersamaan, kerja keras,dan integritas.

"Ini merupakan tiga kunci kesuksesan dan penting dalam membangun kebersamaan semua komponen dalam mengembangkan visi serta kapasitas akademik berkelas dunia. Tentunya kesuksesaan Unnes daalam penyiapan PTN-BH tak lepas dari kerja keras tim dalam menyusun dan merevisi dokumen-dokumen PTN-BH," ucap dia melansir laman Unnes, Senin (4/10/2021).

Untuk itu, tambah Fathur, motivasi dan semangat harus terus digelorakan kepada semua komponen untuk saling menguatkan dan mewujudkan pengembangan akselerasi.

"Hal ini sudah kami lakukan di UNNES dan bisa digunakan di UNJ untuk memotivasi civitas akademik nya untuk mengembangkan kapasitas akademik yang bersanding dengan kampus-kampus lainnya. Kita perlu memaparkan kelebihan-kelebihan saat menjadi PTN-BH untuk terus memotivasi," jelas Fathur.

Baca juga: 10 SMA Terbaik DKI Jakarta Berdasarkan Rerata Nilai UTBK 2021

Lanjut dia menjelaskan, peralihan menjadi PTN-BH bukan untuk komersialisasi kampus, tapi untuk membuat pengembangan akademik menjadi lebih luas.

"Mudah-mudah dalam proses-nya, UNJ diberikan kelancaran untuk mengajukan persyaratan PTN-BH. Alhamdulillah RPP UNNES sudah diagendakan pada tahun 2022 menjadi PP PTN-BH. Semoga dengan ini UNNES dan UNJ dapat bersama-sama menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum," jelas dia.

Rektor UPI, Prof. Solehuddin juga memberikan pengalaman terkait UPI yang sudah menjadi PTN-BH.

Solehuddin menambahkan, tidak perlu khawatir untuk menjadi PTN-BH karena diberikan ruang keleluasaan untuk mengelola dan merintis PTN-BH.

Menurut dia, menjadi PTN-BH bukan soal komersialisasi, tapi membangun kewirausahaan pendidikan dengan memanfaatkan hasil-hasil kewirausahaan untuk mendukung pelaksanaan program Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Rektor UNJ, Prof. Komarudin berharap pertemuan ini dapat memantik motivasi dan semangat UNJ untuk segera menyiapkan persyaratan PTN-BH.

Baca juga: 10 SMA Terbaik Indonesia Berdasarkan Rerata Nilai UTBK 2021

"Ini kami akan segera mengejar ketertinggalan Unnes yang sudah satu langkah di depan dan UPI yang sudah menjadi PTN-BH, kami ini dekat di Jakarta, kami merasa kepanasan karena Unnes dan UPI sudah lebih dahulu menyiapkan dan menjadi PTN-BH. Terima kasih kepada Unnes dan UPI yang sudah berbagi pengalaman terbaik menuju PTN-BH," tukas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com