Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Milad Ke-7, Prodi Ilkom UNY Luncurkan 7 Buku Dunia Komunikasi dan Informasi

Kompas.com - 04/10/2021, 13:46 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Memperingati milad artau dies natalis ketujuh, Program Studi Ilmu Komunikasi (Prodi Ilkom) Universitas Negeri Yogyakarta merilis tujuh buku tentang dunia komunikasi dan informasi yang ditulis dosen dan Prodi Ilkom UNY.

“Tentu saja harapannya buku ini juga menjadi pemantik dan motivasi bagi dosen dan mahasiswa Prodi Ilkom UNY untuk terus berkarya dan berkontribusi bagi bangsa," ungkap Koordinator Penerbitan Prodi Ilmu Komunikasi UNY, Benni Setiawan.

"Semoga di masa mendatang prodi ini bsa terus berkembang dan semakin banyak menghasilkan karya yang bermanfaat bagi masyarakat,” harap Benni.

Benni menjelaskan, proyek buku ini merupakan hasil kolaborasi sivitas akademika Prodi Ilmu Komunikasi UNY. Tujuh buku ini melibatkan dosen serta mahasiswa dari berbagai angkatan dan menjadi bentuk kontribusi Ilmu Komunikasi UNY bagi masyarakat.

“Buku ini menjadi bentuk tanggung jawab kami sebagai lembaga akademik untuk berkontribusi nyata kepada masyarakat. Oleh karena itu, seluruh buku ini akan bisa diunduh gratis di website. http://ilkom.fis.uny.ac.id/,” tambahnya.

Dalam kesempatan sama, Wakil Dekan II Fakultas Ilmu Sosial UNY sekaligus dosen Prodi Ilkom UNY, Prof. Suranto menuturkan, buku-buku yang diterbitkan oleh Prodi Ilkom UNY ini merupakan karya monumental yang menandai perjalanan prodi yang relatif baru di UNY ini.

"Tujuh buku melambangkan tujuh tahun perjalanan yang sudah terlampaui," ungkap Prof. Suranto.

Sementara itu, Ketua Prodi Ilkom UNY Pratiwi Wahyu Widiarti menuturkan, perkembangan kajian ilmu komunikasi di Indonesia begitu besar. Hal itu tak lepas dari perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang begitu masif.

Baca juga: Dies Natalis Ke-58, Unsoed Terus Bergerak dan Berkarya

Peminat ilmu komunikasi terus bertambah

 

"Pesatnya perkembangan ini juga berdampak pada peminatan mahasiswa ilmu komunikasi yang besar, terutama di Universitas Negeri Yogyakarta. Dari tahun ke tahun, jumlah peminat di Prodi Komunikasi UNY terus mengalami peningkatan yang cukup drastis," ungkap Pratiwi.

Bahkan tahun ini, lanjut Pratiwi, pihaknya membuka empat kelas untuk angkatan baru karena animo pendaftar yang luar biasa besar.

Lebih lanjut, Tiwi berharap di masa mendatang Prodi Ilkom UNY bisa lebih banyak berkontribusi bagi masyarakat, bangsa, dan negara, terutama dalam mengembangkan kajian di bidang Ilmu Komunikasi.

Ketujuh buku yang diluncurkan dalam milad ketujuh Prodi Ilkom UNY, yaitu;

  • Communication Today, Kontribusi Ilmu Komunikasi sebagai Post Discipline yang membahas perkembangan bidang kajian keilmuan komunikasi yang semakin kompleks pada era digital.
  • Book Chapter Media Baru dan Pandemi Covid-19, buku kolaborasi karya mahasiswa Ilmu Komunikasi UNY yang membahas tentang perkembangan media baru di tengah pandemi Covid-19.
  • Remaja Cakap Digital: Panduan Menjadi Generasi Z Yang Lihai Bermedia Digital. Buku panduan literasi digital yang ditujukan bagi para remaja.
  • Media sosial, representasi diri, dan second account. Studi deskriptif second account di Twitter dan Instagram. Buku ini merupakan hasil studi Laboratorium Ilmu Komunikasi UNY terkait fenomena pemanfaatan media sosial di Indonesia.
  • Seandainya Saya Seorang Jurnalis. Buku esai mahasiswa angkatan 2018 yang membahas fenomena jurnalisme dari sudut pandang mahasiswa.
  • Kreasi: Kreativitas Kahasiswa Ilmu Komunikasi yang merupakan katalog karya mahasiswa Ilmu Komunikasi UNY, serta
  • Photo Story:Pahlawan yang Terlupakan. Buku kompilasi karya fotografi mahasiswa Ilmu Komunikasi UNY.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com