Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Persiapan untuk Lintas Jurusan di UTBK SBMPTN

Kompas.com - 22/09/2021, 18:42 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemilihan jurusan saat duduk di bangku SMA tidak menjadi patokan saat memilih jurusan di perguruan tinggi.

Meski dari jurusan IPA, kamu tetap bisa memilih program studi (prodi) dari rumpun Soshum. Lintas jurusan ini sering dialami para siswa kelas 12 saat mencari perguruan tinggi. Karena bisa saja siswa mengalami ketertarikan di bidang lain.

Jika termasuk siswa berencana lintas jurusan, jangkan khawatir karena kamu tetap bisa mendaftar dan berpeluang diterima di perguruan tinggi negeri.

Melansir dari salah satu platform edukasi Ruang Guru, Rabu (22/9/2021), kamu yang ingin berpindah jurusan tetap memiliki peluang di tes Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Bagaimana persiapan yang harus dilakukan agar bisa lolos di tes tersebut? Yuk simak 5 hal yang bisa kamu persiapkan saat ingin lintas jurusan.

Baca juga: Kuliah S1 Gratis di Jepang, Daftar Beasiswa MJSP Hokkaido University

Persiapan saat lintas jurusan

1. Mencari tahu apakah jurusan yang diinginkan memperbolehkan pendaftaran lintas jurusan

Meskipun peluangnya kecil, kamu boleh mendaftar lintas jurusan di Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) atau jalur undangan. Namun kamu perlu mencari tahu terlebih dahulu apakah jurusan favoritmu memperbolehkan pendaftaran lintas jurusan.

Lantaran ada beberapa jurusan di perguruan tinggi negeri yang tidak membuka kesempatan bagi siswa dari jurusan IPA atau IPS saat SMA, berbeda dengan rumpun jurusan yang dituju baik dari rumpun Saintek atau Soshum.

2. Fokus membaca rangkuman materi setiap pelajaran

Memahami materi pelajaran IPS/IPA yang tidak pernah didapatkan selama tiga tahun duduk di bangku SMA akan terasa sulit. Kamu bisa memulainya dengan mempelajari rangkuman materi setiap pelajaran. Kamu harus memahami konsep materinya, bukan hanya menghafal.

Karena banyak materi yang harus dipelajari, penting membuat jadwal belajar rutin dan wajib dilaksanakan. Misalnya, minggu pertama mempelajari materi pelajaran Sejarah, minggu kedua memahami materi pelajaran Ekonomi dan pelajaran lain yang diujikan.

Baca juga: Mahasiswa Unnes Bantu Warga Buat Pakan Ternak Alternatif, Ini Caranya

Jadwal belajar ini akan membuat kamu lebih fokus dan mudah menyerap setiap materi pelajaran.

3. Rajin mengerjakan latihan soal dan mempelajari pembahasan materinya

Setelah selesai mempelajari rangkuman materi setiap pelajaran, kamu bisa mulai mengerjakan latihan soal.

Semakin sering kamu mengerjakan latihan soal, akan makin terbiasa dengan konsep dan pola pertanyaan yang digunakan pada tes UTBK SBMPTN. Latihan-latihan soal itu bisa berasal dari tryout yang diberikan di sekolah atau sarana lainnya.

4. Tetap mempersiapkan diri untuk Tes Potensi Skolastik (TPS)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com