Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/09/2021, 09:02 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Saat sekolah ataupun kuliah, kita pasti membutuhkan konsentrasi untuk menerima materi yang disampaikan guru atau dosen.

Agar kita mudah berkonsentrasi dan fokus saat belajar, tentu harus didukung dengan asupan makanan yang baik.

Ternyata ada lho beberapa jenis makanan yang bisa membuat otak makin pintar. Melansir dari laman Ruang Guru, Senin (6/9/2021), paling tidak ada 5 jenis makanan yang bisa membantu kinerja otak lebih maksimal.

Penasaran apa saja sih makanan tersebut? Simak informasi berikut ini.

Baca juga: Kuliah Umum Unpad: Penggemar K-Pop Pembentuk Budaya Partisipatif

1. Blueberry

Buah mungil yang sering disebut ‘brainberries’ oleh beberapa pakar kesehatan adalah salah satu makanan yang terbaik untuk otak.

Berdasarkan penelitian dari Readings University di Inggris, kandungan antioksidannya yang tinggi dapat melindungi otak dari stres oksidatif. Selain itu, blueberry juga bisa bermanfaat meningkatkan kemampuan daya ingat dan merangsang fungsi neuron motorik otak.

Serat blueberry yang tinggi serta kadar gulanya yang rendah membuat buah ini juga aman dikonsumsi penderita diabetes dan tidak membuat lonjakan kadar gula dalam darah.

2. Alpukat

Buah ini cukup populer di Indonesia dan sudah dikenal dengan manfaatnya yang sangat bagus untuk kesehatan.

Baca juga: Mahasiswa UM Surabaya Olah Daun Kelor Jadi Puding bagi Penderita Diabetes

Ternyata alpukat juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk otak. Omega 3 dan vitamin E yang secara alami terdapat dalam buah alpukat terbukti secara klinis meningkatkan daya ingat dan mengurangi risiko terkena demensia dan alzheimer.

Buah alpukat juga membantu darah beredar lebih baik ke otak, sehingga dapat mengoptimalkan fungsi otak.

3. Tomat

Satu lagi buah yang kaya akan antioksidan serta vitamin A dan C, yaitu tomat. Dengan kandungan karotenoidnya, yaitu zat pemberi warna merah pada tomat. Buah tomat dapat membantu otak kita lebih rileks dan menangkal radikal bebas di sel-sel otak.

4. Cokelat

Sebagian besar orang pasti suka makan cokelat. Ternyata cokelat juga memiliki khasiat yang baik untuk otak lho. Cokelat asli yang terbuat dari 60 persen kakao (dark chocolate) merupakan sumber gizi yang baik bagi otak karena mengandung senyawa flavanol.

Baca juga: Siswa Diimbau Langsung Pulang Usai Ikuti PTM Terbatas di Sekolah

Flavanol bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak dan mencegah penurunan kemampuan kognitif dan demensia. Selain itu, makan cokelat ketika stres bisa membuat kita lebih rileks. Namun, perlu diingat bahwa mengonsumsi cokelatnya jangan berlebihan ya..

5. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian adalah sumber yang sangat baik untuk asam lemak Omega 3, Omega 6, folat, vitamin E, dan vitamin B6.

Selain membantu meningkatkan daya otak, vitamin E di dalam kacang-kacangan dan biji-bijian membantu menunda melemahnya memori karena usia.

Asam lemak esensial dalam kacang juga akan memastikan sirkulasi darah yang lebih baik, sehingga memastikan terjaganya kesehatan otak kita.

Baca juga: Yuk Simak Serba-serbi Kuliah Kedokteran Versi Elisa Jonathan

Itulah 5 makanan yang ternyata mampu memberikan asupan nutrisi bagi otak sehingga dapat bekerja dengan baik. Selain mengonsumsi 5 jenis makanan ini, kamu juga harus rajin dan tekun belajar agar tetap bisa meraih prestasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com