Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangun SDM Dosen Unggul, UNJ Jadi Tuan Rumah Rakernas ADP 2021

Kompas.com - 28/08/2021, 11:27 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menjadi tuan rumah rakernas Asosiasi Dosen Pergerakan (ADP) bertema “SDM Dosen Unggul Menuju Indonesia Emas” yang berlangsung 26-28 Agustus 2021.

Pembukaan acara yang digelar di Aula University Traing Centre (UTC), UNJ, sekaligus menjasi seremoni pelantikan pengurus ADP periode 2021-2026.

Menteri Agama KH. Yagut Choli Qoumas saat membuka acara menegaskan dosen dan tenaga pendidik di perguruan tinggi merupakan komponen penting dan menjadi modal utama pembangunan Pendidikan bagi bangsa.

Ia berpesan dosen dan tenaga pendidik untuk terus meningkatkan kualitas dan daya saing sumber daya manusia yang sehat, cerdas, adaptif, inovatif, terampil, dan berkarakter.

“Pada situasi pandemik covid-19, pendidikan salah satu yang paling terdampak. Kita sangat prihatin situasi pendidikan saat ini, bahkan mahasiswa semester 1-3 belum menginjakkan kaki di kampusnya," ujar Menag.

"Ini adalah tugas berat kita semua bagaimana menjaga eksistensi kependidikan sebagai bagian dari alat untuk mewujudkan Indonesia Emas pada tahun 2045,” tambah KH. Yagut Choli.

Menag juga menyampaikan, di tengah fenomena berkembangnya paham sikap dan perilaku ekstrim di Indonesia, eksistensi ADP menjadi kekuatan tersendiri.

“Untuk itu saya titip kepada para pengurus ADP agar mampu memberikan kontribusi yang siginifikan, dan menjawab atas paham dan perilaku ekstrim” harapnya.

Baca juga: 6 Dosen UNS Jadi Pelatih Atlet Paralimpiade Tokyo 2020

Melahirkan pemikiran besar

Dalam kesempatan sama, Rektor UNJ, Prof. Komarudin, menyambut baik gelaran rakernas pertama ADP ini. “Tantangan bangsa kita sangat luar biasa sekarang ini, oleh karena itu pergerakan dosen-dosen yang tergabung dalam ADP ini harus dalam segala bidang," ungkapnya.

Prof. Komarudin menegaskan, "UNJ siap melakukan workshop dan simposium dalam rangka melahirkan pemikiran-pemikiran besar bagi kemajuan Indonesia.”

Kegiatan hari pertama diawali doa dan istighotsah kesehatan dan keselamatan bangsa, kemudian dilanjutkan hari kedua dengan launching, pelantikan, dan sesi panel rapat pleno yang membahas program setiap departmen yang ada di ADP.

Berdasarkan surat keputusan nomor 04/A-2/PBIKAPMII/VII/2021 tentang susunan dan personalia Pengurus Pusat Asosiasi Dosen Pergerakan (PP-ADP) Pengurus Besar Ikatan Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PB IKA-PMII), maka dilantik 369 pengurus baru ADP periode tahun 2021-2026.

Kegiatan dilanjutkan dengan rakernas dalam beberapa rapat pleno yang diisi dengan pembahasan program setiap departemen yang ada di ADP. Pada Sabtu, 28 Agutus 2021, dilakukan pengesahan hasil mukernas oleh Ketua Umum, Wakil Ketua Umum, dan Sekretaris Umum ADP.

Selain Menteri Agama KH. Yaqut Cholil Qoumas, turut hadir dalam Rakernas ADP ini; Suharso Monoarfa (Menteri PPN/Bappenas), Prof. Nizam (Dirjen Dikti Kemendikbud Ristek), Prof. Muhammad Ali Ramdhani (Dirjen Pendis Kemenag), Akhmad Muqowam (Ketua Umum Pengurus Besar IKA-PMII), serta Prof. H. Abdurrahman Mas’ud (Ketua Umum Asosiasi Dosen Pergerakan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com