Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Lebih Mahir Bahasa Inggris Tanpa Kursus

Kompas.com - 26/08/2021, 12:09 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Kemampuan berbahasa Inggris yang baik kini menjadi syarat mendapatkan beasiswa hingga mencari kerja. Beberapa perusahaan di Indonesia bahkan menjadikan bahasa Inggris sebagai salah satu syarat utama pelamarnya.

Mengikuti kursus bahasa Inggris bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Namun, biaya kursus yang tak sedikit membuat sebagian orang urung untuk mendaftar.

Kabar baiknya, ada beberapa cara efektif yang dapat kalian lakukan sendiri untuk bisa mahir berbahasa Inggris. Melansir Gramedia.com, berikut sejumlah cara yang bisa kamu lakukan:

Baca juga: Pelatihan Bahasa Korea Gratis Korea Foundation 2022, Tunjangan Rp 12,6 Juta Per Bulan

1. Gunakan subtitle bahasa Inggris

Menonton film ataupun serial bisa menjadi salah satu hal menyenangkan yang bisa digunakan untuk belajar bahasa Inggris.

Jika biasanya kamu menonton film barat dengan subtitle bahasa Indonesia, kini coba mulailah beralih dengan menggunakan subtitle bahasa Inggris.

Jika ada kalimat yang tidak dimengerti, rajinlah untuk pause film dan mencari makna kata itu. Atau bisa juga untuk menuliskan deretan kata-kata yang masih belum dimengerti dan cari artinya setelah film selesai ditonton.

2. Dengar lagu bahasa Inggris, lalu tulis liriknya

Hobi mendengarkan lagu bisa jadi salah satu cara ampuh untuk meningkatkan kemampuan listening dalam bahasa Inggris.

Dengarkan lagu favoritmu, kemudian tuliskan setiap kata dari lirik lagu yang kamu dengar. Setelahnya, cocokkan hasil tulisanmu dengan mencari lirik lagunya.

Setelah memulainya dengan lagu favoritmu, kamu bisa mengulanginya lagi pada lagu-lagu lain yang "earcatching" saat pertama kali dengar.

Baca juga: 9 Rumus Excel yang Sering Digunakan di Dunia Kerja, Mahasiswa Wajib Tahu

3. Dengarkan Podcast

Ini dia salah satu bentuk hiburan yang sedang kekinian. Kamu bisa menggunakan Podcast sebagai salah satu media belajar bahasa Inggris.

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan banyak informasi baru dari Podcast yang didengar.

Tidak hanya bercerita, terkadang Podcast juga akan bercerita perihal satu topik tertentu. Pastikan channel Podcast yang kamu dengar berbahasa Inggris.

4. Membaca buku berbahasa Inggris

Jika kamu suka membaca, yuk mulai coba membaca buku-buku berbahasa Inggris. Kamu bisa mulai dengan membaca buku anak-anak yang kata-katanya sedikit namun mudah dipahami.

Kemudian jika sudah mulai lancar, kalian bisa mengalihkan bukunya ke arah novel-novel dengan genre yang kalian suka.

Terpenting, jangan mengabaikan kosakata yang kalian tidak mengerti, rajinlah untuk mencari artinya di kamus.

Baca juga: Fitur Ini Bantu Siswa SD-SMA Pecahkan Soal Matematika, Fisika, Kimia

5. Manfaatkan medsos

Untuk melatih kemampuan menulis dalam bahasa Inggris, kamu bisa mulai rajin menulis status Instagram atau cuitan di Twitter dengan menggunakan bahasa Inggris.

Kamu juga bisa mendengarkan suaramu sendiri untuk meningkatkan kepercayaan diri sebelum sungguh-sungguh berinteraksi dengan bahasa Inggris.

Hal ini bisa kamu mulai dari merekam cerita keseharianmu dengan bahasa Inggris di depan cermin dan mendengarkannya sendiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com