Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa, Kenali Pahlawan Indonesia di Bidang Kesehatan dan Jasanya

Kompas.com - 26/08/2021, 10:07 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Indonesia bisa meraih kemerdekaan berkat perjuangan para pahlawan. Jasa para pahlawan yang berjuang demi negara Indonesia selalu diperingati tiap tanggal 10 November.

Para pahlawan mempunyai cara berbeda-beda dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Tidak hanya merdeka dari para penjajah, tapi banyak pula tokoh yang menjadi pahlawan karena perjuangan di suatu bidang tertentu.

Dari banyak pahlawan nasional yang dikenal, ternyata ada beberapa tokoh yang berjuang di bidang kesehatan.

Dilansir dari akun Instagram salah satu kampus yang ada di Kediri, Jawa Timur, Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata (@iikbhaktiwiyata), Rabu (25/8/2021), ada beberapa tokoh di Indonesia yang dikenal karena jasa-jasanya di bidang kesehatan.

Baca juga: Beasiswa Kementerian Kesehatan bagi Mahasiswa D3 dan D4, Cek Syaratnya

Lalu siapa saja pahlawan di bidang kesehatan? Yuk simak bersama ulasan berikut ini.

1. Prof. Dr. Sardjito

Sardjito merupakan perintis lahirnya Palang Merah Indonesia. Belia banyak berjasa di bidang kesehatan Indonesia, mulai dari membuat obat-obatan dari alam atau tanaman tradisional.

Hal ini dilakukan Sardjito untuk membantu kesehatan para tentara kala itu.

Sampai saat ini, obat-obatan yang berhasil diciptakan Prof. Sardjito yakni obat peluruh atau penghancur batu ginjal (calcusol).

Obat dari bahan tanaman tempuyung ini ditemukan karena beliau melihat akar pohon yang menempel di cadas bukit kapur bisa hancur.

Baca juga: Schlemmer Automotive Indonesia Buka Lowongan Kerja SMA/SMK dan S1

2. Abdulrachman Saleh

Memiliki gelar Prof. dr. SpF Marsekal Muda Anumerta, Abdulrachman Saleh adalah tokoh Radio Republik Indonesia dan juga bapak Fisiologi kedokteran Indonesia.

Menyelesaikan sekolah tinggi bidang kesehatan atau kedokteran yang disebut Geneeskundige Hoge School (GHS), beliau sempat bergabung dalam beberapa organisasi pemuda.

Seperti Jong Java, Kepanduan Bangsa Indonesia dan Indonesia Muda.

Baca juga: Belajar Sesuai Karakter Anak Jadi Hal Penting Pendidikan di Finlandia

Beliau adalah seorang dokter yang berhasil mengembangkan ilmu faal di Indonesia hingga akhirnya diberi gelar Bapak Faal Indonesia.

3. Prof. Dr. Gerrit A Siwabessy

Menteri Kesehatan Indonesia yang menjabat pada periode 1967-1978 ini memiliki prestasi yang membanggakan.

Gerrit adalah pencetus ASKES atau cikal bakal BPJS. 

Dia juga sebagai inisiator bidang sanitasi yang mewariskan program Samijaga, singkatan dari Sanitasi, Air Minum dan Jamban Keluarga.

Program ini diterapkan di seluruh Indonesia bersama dengan pembangunan sarana kesehatan seperti Puskesmas dan seluruh sumber daya manusianya.

Baca juga: Kisah Kasim Arifin, Jalani KKN Selama 15 Tahun di Pelosok Pulau Seram

Itulah 3 sosok pahlawan yang berjasa di bidang kesehatan di Indonesia. Para mahasiswa bidang kesehatan bisa mencontoh keberhasilan para pahlawan ini agar bisa memberikan sumbangsih di bidang kesehatan di negara Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com