Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

11.045 Anak Kehilangan Orangtua akibat Covid, Kampus Ini Tawarkan Beasiswa S1

Kompas.com - 24/08/2021, 09:19 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 varian delta yang tak kunjung reda menyebabkan angka kematian ikut meningkat. Dari data Kementrian Sosial (Kemenkos), tercatat sebanyak 11.405 anak yang ditinggal meninggal orang tua karena terpapar Covid-19.

Kini anak-anak tersebut berstatus yatim, piatu atau yatim piatu. Masalah ekonomi, menjadi beban bagi anak-anak yang ingin melanjutkan pendidikan.

Merespon kejadian ini Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMSurabaya) sediakan beasiswa untuk mereka yang lulus SMA.

Ma’ruf Sya’ban, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Inovasi dan SDM UMSurabaya menegaskan kebijakan ini merespon realita yang ada.

Baca juga: BCA Buka Beasiswa 2022 Lulusan SMA/SMK, Kuliah Gratis dan Uang Saku

Pihaknya, mengatakan bahwa dalam kondisi pandemi yang tak juga usai solidaritas adalah kekuatan utama. Apapun kondisinya, ia berharap anak-anak tetap bisa bersekolah.

“Anak-anak adalah aset bangsa. Oleh sebab itu UMSurabaya menyediakan beasiswa bagi anak-anak lulus SMA yang ditinggal meninggal oleh orang tuanya. Kami beri nama beasiswa tersebut Beasiswa Insan Berdaya," Ujarnya dilansir dari laman UM Surabaya.

Ia mengatakan, ada harapan beasiswa tersebut memberikan jalan mereka untuk menjadi generasi yang mandiri dan bermartabat.

Lebih lanjut lagi Ma’ruf menjelaskan , mahasiswa yang diterima di beasiswa ini akan dibebaskan dari uang gedung dan dana pendidikan dari awal hingga mereka lulus.

Kebijakan ini diberikan agar mahasiswa tidak perlu memikirkan biaya kuliah dan hanya fokus untuk belajar

Kepala Lembaga Informasi dan Penerimaan Mahasiswa Baru (LIPMB), Radius Setiyawan menjelaskan secara detail proses penerimaan mahasiswa dengan program ini.

Ia mengatakan, prosesnya hampir sama seperti 12 program unggulan UMSurabaya sebelumnya.

Baca juga: Pelatihan Bahasa Korea Gratis Korea Foundation 2022, Tunjangan Rp 12,6 Juta Per Bulan

Hanya, yang membedakan adalah dari segi persyaratan untuk mahasiswa yang ditinggal meninggal orang tua karena Covid-19 dan menyertakan surat keterangan dari RT/RW setempat.

“Proses penerimaan mahasiswa baru Beasiswa Insan Muda Berdaya telah dibuka hingga 31 Agustus 2021," ujarnya.

Untuk alur pendaftaran beasiswa ini adalah dengan mengisi formulir di website UM Surabaya kemudian melakukan pemberkasan dan tes online dan wawancara.

Jika kamu ingin mengetahui lebih lanjut terkait pendaftaran beasiswa tersebut bisa diakes di website: um-surabaya.ac.id dan bisa berkonsultasi di nomer 085852446337 (WA/Telepon).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com