Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kalbis Institute Gandeng Mari Institute untuk Tingkatkan Kemampuan Komunikasi Mahasiswa

Kompas.com - 12/08/2021, 16:43 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Kemampuan komunikasi menjadi salah satu kompetensi penting lulusan abad 21 selain kemampuan berpikir kritis, kreatif dan kemampuan berkolaborasi.

Menjawab tantangan tersebut, Institut Teknologi dan Bisnis Kalbis atau yang dikenal dengan Kalbis Institute menjalin kerja sama dengan Mahaka Radio Integra (Mari) melalui salah satu programnya, yaitu Mari Institute.

Kerja sama ini meliputi pemberian pelatihan dari Mari Institute kepada seluruh mahasiswa dan mahasiswa Kalbis Institute.

Mari Institute merupakan perusahaan dalam hal media komunikasi, khususnya media radio. Kurang lebih 15 tahun perjalanan panjang, Mari Institute memiliki kemampuan kuat dalam hal media komunikasi yaitu radio.

Mahaka Radio Integra sendiri membawahi tujuh stasiun radio swasta yaitu Jak FM, Gen FM Jakarta, Gen FM Surabaya, Hot FM, Kis FM, Mustang FM dan Most Radio FM.

“Kalbis Institute tentunya merasa sangat bangga dengan kerja sama yang dilakukan dengan Mari Institute," ungkap Raymond Christantyo, Head of Branding and Communication Kalbis Institute melalui rilis yang diterima Kompas.com (12/8/2021).

Baca juga: 3 Prodi UMN Raih Asesmen Internasional dari AUN-QA

Raymond menilai, Mari Institute yang berada di bawah naungan Mahaka Radio Integra telah menjadi salah satu perusahaan terdepan khususnya dalam hal media komunikasi anak muda yaitu radio.

"Sehingga menjadi sangat tepat jika Kalbis Institute memberikan kepercayaan penuh kepada Mari untuk memberikan pelatihan komunikasi baik itu public speaking, broadcasting, serta pelatihan lain kepada pihak yang kompeten," ujar Raymond.

Raymond menyampaikan, pihaknya berharap kerja sama ini dapat dijalankan terus setiap tahun sehingga lulusan Kalbis Institute mampu memiliki kompetensi nyata dan siap bekerja di dunia industri.

Pihak Mari Institute sendiri sangat antusias dengan jalinan kerjasama ini.

“Kami dari Mari Institute antusias sekali bekerjasama dengan Kalbis Institute yang memiliki pengalaman sangat baik dalam bidang edukasi," ungkap Ainur Rafikah, Head of Corporate Communications Mari.

"Kami berharap dengan adanya kerjasama ini, Mari Institute dapat membagikan wawasan lebih jauh mengenai dunia komunikasi kreatif, terutama bidang industri siaran radio," tambahnya.

Raymond kembali mengaskan, dengan kolaborasi ini menjadi salah satu bukti Kalbis Institute terus melakukan perubahan serta sinergisitas untuk menyesuaikan dengan kebutuhan industri.

Ia mengatakan, "terlebih didukung dengan program setifikasi yang wajib diambil mahasiswa akan membuat setiap lulusan Kalbis Institute tidak hanya memiliki hardskill namun juga softskill."

"Dengan begitu Kalbis Institute menjadi sata satu perguruan tinggi yang ikut mewujudkan SDM Unggul sesuai arahan pemerintah," pungkas Raymond.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com