Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Webinar UGM: Ini Pentingnya Vaksinasi Covid Ibu Hamil dan Anak

Kompas.com - 09/08/2021, 09:52 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Kasus Covid-19 di Indonesia hingga kini masih tinggi. Hal itu dapat dilihat dengan data menunjukkan bahwa Indonesia menempati peringkat kelima kasus Covid-19 terbanyak di seluruh dunia.

Terkait hal itu, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FK-KMK) UGM bersama dengan Keluarga Alumni Gadjah Mada Kedokteran (Kagamadok) mengadakan webinar, Minggu (8/8/2021).

Pada webinar itu ada sesi yang menarik, yakni terkait vaksinasi Covid ibu hamil yang disampaikan oleh dr. Irwan Taufiqur Rachman, Sp.OG(K) selaku Kepala Instalasi Maternal Perinatal RSUP DR Sardjito.

Baca juga: Persiapan PTM Terbatas, Bupati Sleman Gencarkan Vaksinasi Anak

Menurut dr. Irwan, ibu hamil saat ini menjadi salah satu kelompok populasi yang berisiko. Ini karena saat terjadi kehamilan, imun menjadi menurun dan ibu hamil banyak memproduksi cytokine.

Yang mana Covid-19 dapat mengalami perburukan apabila dalam tubuh inangnya terjadi peningkatan cytokine.

Sebanyak 51,9 persen ibu hamil yang terinfeksi Covid-19 tidak menunjukkan gejala, sehingga menjadi sangat rentan pula untuk dokter spesialis obstetri dan ginekologi yang meninggal dunia.

"Rekomendasi dan jenis vaksin bagi ibu hamil dan ibu menyusui adalah jenis vaksin inactivated dan adjuvant seperti model RNA: Moderna, Pfizer dan J&J Janssen," ujar dr. Irwan seperti dikutip dari laman Fakultas Kedokteran UGM, Senin (9/8/2021).

Dijelaskan, berdasarakan cara kerja vaksin ini di dalam tubuh, para ahli percaya bahwa vaksin Covid-19 kemungkinan tidak menimbulkan risiko bagi ibu hamil.

"Namun perlu juga diketahui bahwa saat ini penelitian tentang keamaan vaksin Covid pada ibu hamil masih terbatas yang dikarenakan permasalahan etik," jelas dr. Irwan.

Pentingnya vaksinasi Covid pada anak

Narasumber lain, dr. Mei Neni Sitaresmi, Sp.A(K)., Ph.D., yang saat ini menjabat sebagai Wakil Dekan FK-KMK UGM memberikan pemaparan materi mengenai Vaksinasi Covid-19 pada Anak.

Menurutnya, pentingnya imuninasi/vaksin Covid-19 pada anak remaja adalah untuk memberikan kekebalan dan membentuk antibodi terhadap penyakit tersebut.

Baca juga: Vaksinasi Drive Thru UGM Diapresiasi Menkes

Dengan proteksi yang lebih lama berbeda dengan penyakit alamiah yang jenis dan jumlah virusnya tidak terkontrol sehingga menyebabkan pembentukan antibodi bervariasi memungkinkan untuk terinfeksi kembali.

Efek samping dari vaksinasi pada remaja biasanya ringan dan bersifat sementara seperti:

  • demam
  • pusing
  • mengantuk
  • lesu
  • nyeri otot
  • mual

"Apabila gejala tersebut sudah mengganggu bisa diberikan obat paracetamol," tuturnya.

Tata cara isolasi mandiri di rumah

Sementara dr. Ika Trisnawati, M.Sc, Sp.PD-KP., selaku ketua Task Force Covid-19 mengangkat tema “Deteksi Dini dan Tindak Lanjut Kegawatdaruratan pada Pasien Isoman”.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com