Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Tahun 2025, Lima Prodi dan Pekerjaan Ini Bakal Paling Banyak Dicari

Kompas.com - 06/08/2021, 14:41 WIB
Inang Sh ,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Memasuki era revolusi industri 4.0, dunia kerja dituntut terus beradaptasi. Tak hanya upgrade sarana dan fasilitas berbasis teknologi digital, kemampuan dan keterampilan pekerjanya juga harus terus berkembang.

Oleh karenanya, calon mahasiswa atau mahasiswa perlu tahu tantangan sekaligus peluang kerja saat ini dan di masa mendatang.

Sebab, salah satu tujuan menempuh studi pada jenjang perguruan tinggi adalah untuk memiliki skill yang mumpuni sebagai bekal berkarier di masa depan.

Selain menyesuaikan minat dan bakat, memilih program studi (prodi) pada perguruan tinggi atau kampus yang sesuai untuk mendukung skill juga harus diperhatikan guna mendukung cita-cita di masa depan.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (6/8/2021), Universitas Nusa Mandiri (UNM) memaparkan proyeksi 5 prodi dengan prospek karier yang bakal paling banyak dicari pada 2025.

1. Sains Data

Bidang ilmu sains data merupakan ilmu terapan yang secara khusus mempelajari dan menganalisis data. Di era digital sekarang, ilmu sains data memiliki peran yang sangat penting.

Baca juga: Rektor UNM: Lulusan Jurusan Sains Data Banyak Dincar Perusahaan

Sebab, melimpahnya data yang tersedia dapat menjadi sebuah informasi penting ketika diolah dengan baik. Melalui ilmu sains data, data-data tersebut diolah sehingga menunjang keputusan penting pada perusahaan.

Universitas Airlangga (Unair), Universitas Nusa Mandiri (UNM), Institut Pertanian Bogor (IPB), dan Binus University merupakan deretan kampus popular yang layak dilirik untuk menempuh pendidikan prodi Sains Data.

Prospek karir bidang sains data di era digital sangat terbuka luas. Melimpahnya data dapat dijadikan informasi yang bermanfaat dalam menunjang keputusan penting di perusahaan.

Oleh karena itu, akan banyak dibutuhkan para ahli di bidang sains data atau data scientist untuk mengolah data menjadi informasi penting.

2. Bisnis Digital

Perkembangan teknologi yang cukup pesat membuat masyarakat bergantung pada bidang digital. Maka dari itu, prodi Bisnis Digital jadi salah satu yang akan mendukung perkembangan teknologi digital masa kini.

Baca juga: Mendunia, Mahasiswa UNM Raih Gelar PostPap Terbaik di Kompetisi IMUN

Prodi Bisnis Digital memiliki basis pembelajaran bisnis dengan menggunakan teknologi digital. Lulusan prodi ini sengaja disiapkan untuk menjawab segala tantangan masa depan dengan ilmu dan strategi bisnis masa kini.

Selain itu, lulusan prodi Bisnis Digital juga disiapkan untuk membangun platform bisnis digital yang akan menjadi tren di masa depan.

Prospek karir yang menjanjikan membuat jurusan bisnis digital layak diplilih. Kini, prodi Bisnis Digital sudah tersedia di Universitas Padjadjaran (Unpad), UNM, Binus University, dan Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

3. Sistem Informasi

Prodi Sistem Informasi merupakan jurusan kuliah yang menggabungkan ilmu komputer, bisnis, dan manajemen.

Baca juga: Lewat Program BTS, UNM Bantu Mahasiswa Raih Impian

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com