Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Pancanaka Unnes Bertekad Juara di Kontes Mobil Hemat Energi 2021

Kompas.com - 15/07/2021, 09:14 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mahasiswa terus didorong untuk menciptakan inovasi demi Indonesia yang lebih baik.

Belum lama ini Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) menyelenggarakan kegiatan Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) tahun 2021.

Kegiatan KMHE ini bertujuan menjadi salah satu wahana dalam membentuk mahasiswa mampu merancang dan membangun kendaraan yang hemat energi, aman, dan ramah lingkungan.

Serta mempersiapkan lulusan yang dapat memberikan solusi positif untuk menjawab tantangan energi masa depan dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mendukung upaya penghematan energi.

Baca juga: Mahasiswa, Ini 4 Tips Mendapat Tempat Magang Impian ala Ditjen Dikti

Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang (Unnes) yang tergabung dalam tim Pandawa termasuk tim yang mengikuti kompetensi tersebut.

Tim Pandawa ini konsisten melakukan serangkaian riset untuk terus berkarya dan berinovasi, salah satunya dengan mengikuti KMHE 2021.

Serangkaian kontes ini dimulai sejak masa sosialisasi pada Sabtu (29/5/2021) lalu hingga rapat pleno dan pengumuman pemenang mendatang.

"Tim Pandawa dengan mobil Pancanaka telah terverifikasi akan mengikuti lomba KMHE 2021 pada kelas Mesin Pembakaran Dalam dengan bahan bakar Etanol," jelas Dosen pembimbing tim Pandawa untuk KMHE 2021 sekaligus pembimbing wadah Aspirasi Inovasi Fakultas Teknik Rizqi Fitri Naryanto seperti dikutip dari laman Unnes, Rabu (17/4/2021).

Baca juga: UM Surabaya Sediakan Beasiswa Kader Ulama Muda dan Influencer

Manager Tim Pandawa KMHE 2021 Danang menjelaskan, Mobil Pancanaka ini merupakan pengembangan mobil terbaru dari seri mobil sebelumnya.

"Antara lain Pandawa Urate Evo-1, Pandawa Ev dan Pandawa J Pro, dimana seri mobil sebelumnya telah mengantarkan tim Pandawa mengikuti gelaran lomba ajang nasional maupun Internasional," beber Danang.

Sementara itu Ketua Tim Pandawa Dani Juliano menambahkan, persiapan dari tim Pandawa untuk menghadapi Lomba Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2021 sedang dilakukan bersama anggota tim Pandawa lainnya.

Baca juga: Mahasiswa UI Bikin Buku Pop-Up Mitigasi Bencana untuk Siswa PAUD

Mulai dari persiapan awal hingga tahap produksi mobil Pancanaka. Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Fakultas Teknik Wirawan Sumbodo berpesan agar semangat berprestasi tetap harus selalu ada dalam diri mahasiswa Fakultas Teknik Unnes.

Baca juga: United Tractors Buka Lowongan Kerja Lulusan S1, Daftar di Sini

"Semengat berprestasi harus tetap ada meskipun dengan segala keterbatasan dalam masa pendemi Covid-19 seperti saat ini," tandas Wirawan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com