Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unpar Buka Penerimaan Maba Pakai Nilai UTBK 2021, Simak Syaratnya

Kompas.com - 09/07/2021, 11:13 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) membuka jalur penerimaan mahasiswa baru menggunakan nilai Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) 2021.

Seleksi masuk ini dibuka untuk semua program studi dan program peminatan S1 dan D3. Jika kamu belum beruntung lolos di jalur SBMPTN maupun Seleksi Mandiri, kesempatan ini bisa kamu manfaatkan.

Untuk pendaftaran program S1, Unpar menentukan biaya sebesar Rp 250.000. Sedangkan untuk program D3, biaya pendaftaran sebesar Rp 150.000.

Merangkum dari laman Unpar, berikut persyaratan penerimaan mahasiswa baru jalur nilai UTBK dan alur pendaftarannya. Yuk simak bersama informasi berikut ini:

Baca juga: UII Yogya: Kenali Teknik Proning Untuk Tingkatkan Saturasi Oksigen

Pendaftaran peserta seleksi khusus jalur UTBK Unpar dilakukan secara online dengan mengisi formulir yang tersedia di laman Unpar.

Syarat yang harus dipenuhi calon mahasiswa baru yang berminat dalam seleksi khusus jalur UTBK ini adalah sebagai berikut :

Persyaratan umum

1. Memiliki minat yang tinggi untuk melanjutkan studi di Unpar dan akan mendaftarkan diri sebagai mahasiswa Unpar apabila nanti dinyatakan lulus seleksi khusus jalur UTBK dan lulus SMA.

2. Dapat memilih sampai 3 pilihan program studi. Program Studi Manajemen, Ilmu Hukum, Ilmu Hubungan Internasional dan Arsitektur tidak dapat dijadikan pilihan ke-3.

3. Persyaratan khusus program studi:

  • Program Studi Teknik Kimia dan Teknik Elektro: Tidak buta warna, dibuktikan dengan melampirkan Surat Keterangan Tidak Buta Warna dari dokter spesialis mata.

Baca juga: Dosen Unpad: Cegah Penyebaran Penyakit, Keluarga Harus Terapkan Ini

Dokumen yang diperlukan

Calon mahasiswa yang berminat masuk Unpar melalui jalur nilai UTBK ini harus menyiapkan beberapa berkas yang harus diupload, antara lain:

1. Fotocopy akta kelahiran

2. Sertifikat perolehan hasil UTBK

3. Surat keterangan jurusan SMA (Surat Keterangan Lulus) atau legalisir ijazah SMA

  • Untuk siswa yang bersekolah di sekolah Internasional, jika dinyatakan lolos, pada saat daftar ulang harus sudah memiliki penyetaraan ijazah (setara SMA).
  • Untuk siswa yang berijazah Paket C, jika dinyatakan lolos, pada saat daftar ulang diwajibkan menyerahkan leglisir ijazah beserta fotocopy rapor kelas 1 hingga kelas 3.

Baca juga: Mahasiswa UMM Ciptakan Tempat Cuci Tangan Canggih Kaya Fitur

4. Surat Keterangan Tidak Buta Warna dari Dokter Spesialis Mata bagi siswa yang melamar ke program studi Teknik Kimia atau Teknik Elektro.

5. Fotocopy rapor kelas X - XII yang telah dilegalisir.

Alur pendaftaran

Alur pendaftaran penerimaan mahasiswa baru seleksi khusus jalur UTBK

  • Peserta mendaftar melalui laman Unpar, masukkan email. Cek email untuk melakukan aktivasi dan mengisi data pendaftaran. Peserta bisa mengikuti langkah-langkah pengisian yang ada.
  • Setelah selesai mengisi data pendaftaran, cetak bukti pendaftaran yang di dalamnnya terdapat no billing sebagai identitas pembayaran di bank.
  • Melakukan pembayaran di Bank BRI dan OCBC NISP. Biaya pendaftaran sesuai dengan billing, program Sarjana sebesar Rp 250.000 dan program D3 sebesar Rp 150.000.
  • Upload berkas pendaftaran terdiri dari surat keterangan sekolah, akta kelahiran, surat keterangan tidak buta warna dari dokter spesialias mata (untuk program studi Teknik Kimia dan Teknik Elektro).
  • Cetak kartu ujian. Saat pelaksanaan ujian peserta wajib membawa kartu ujian.
  • Pengumuman hasil seleksi dapat dilihat di laman unpar.ac.id.
  • Setelah dinyatakan lolos seleksi, peserta wajib melunasi biaya studi dan melakukan registrasi.

Baca juga: Hindari Mata Mudah Lelah dengan Tips dari Dokter Unair

Jadwal pelaksanaan

  • Pendaftaran peserta melalui website: 17 Juni 2021 - 15 Juli 2021 paling lambat pukul 15.00 WIB.
  • Pembayaran biaya pendaftaran di bank: 17 Juni 2021 - 16 Juli 2021 paling lambat pukul 15.00 WIB.
  • Upload berkas dan cetak bukti pendaftaran (paling lambat pukul 20.00): 17 Juni 2021 - 16 Juli 2021.
  • Ujian gambar (untuk yang memilih Program Studi Arsitektur) dan atau ujian Esai/Karya (untuk yang memilih Program Studi Filsafat): 21 Juli 2021.
  • Pengumuman hasil penerimaan khusus - seleksi UTBK dapat dilihat di web www.unpar.ac.id atau pmb.unpar.ac.id, mulai pukul 18.00 WIB: 29 Juli 2021.
  • Pembayaran Biaya Studi bagi peserta yang dinyatakan lolos seleksi dan daftar ulang calon mahasiswa baru 30 Juli 2021-19 Agustus 2021.
  • Awal Perkuliahan Semester Ganjil Tahun Akademik 2021/2022: 13 September 2021 sesuai Kalender Akademik.

Baca juga: Tertarik Masuk Sastra Indonesia? Ini Peluang Kerja yang Bisa Ditekuni

Untuk informasi lebih lanjut mengenai penerimaan mahasiswa baru Unpar jalur nilai UTBK bisa mengunjungi langsung laman unpar.ac.id.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com