Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakar Unpad Ungkap Tantangan Perawat di Masa Pandemi

Kompas.com - 02/07/2021, 18:42 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dalam kondisi kasus positif Covid-19 yang terus melonjak belakangan ini, tenaga kesehatan di rumah sakit harus berjibaku menolong para pasien.

Segmentasi tenaga kesehatan di Indonesia, sekitar 50 sampai 80 persen merupakan perawat. Dengan komposisi yang banyak ini, perawat menjadi garda terdepan dalam perawatan penderita Covid-19.

Namun fakta di lapangan, perawat Indonesia masih dihadapkan pada sejumlah tantangan. Kepala Departemen Keperawatan Gawat Darurat dan Kritis Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran (Unpad) Yanny Trisyani mengatakan, perawat memberikan kontribusi signifikan dalam memberikan layanan kesehatan dalam penanganan Covid-19.

Baca juga: Intip Cara Mahasiswa Unair Kreasikan Jamu Jadi Minuman Kekinian

Kontribusi perawat di masa pandemi

Mulai dari tingkat fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) hingga pada tingkat perawatan kritis di rumah sakit.

"Pandemi Covid-19 memberikan gambaran nyata tentang bagaimana kontribusi keperawatan dalam merespons terhadap pandemi," kata Yanny saat menjadi pembicara kunci dalam Webinar 'Let’s Fight This Global Challenge: Emergency Management in Covid-19 Pandemic Situations' yang digelar Fakultas Keperawatan Unpad seperti dikutip dari laman Unpad, Jumat (2/7/2021).

Menurut Yanny, tantangan pertama yang dihadapi adalah masih adanya gap atau kesenjangan pengetahuan di antara perawat.

Baca juga: UGM Sediakan 6.141 Kuota Calon Mahasiswa S2-S3, Ini Prodi Terfavorit

Pelayanan keperawatan pada pasien level moderat, akut, hingga kritis memerlukan kompetensi keperawatan yang lebih profesional.

Apalagi, pandemi menuntut perawat untuk menguasai beragam kompetensi baru dalam melaksanakan prosedur perawatan Covid-19

Buka akses pendidikan bagi perawat

Untuk menyiapkan kompetensi tersebut, Yanny mendorong pemerintah untuk membuka akses pendidikan dan pelatihan lebih luas bagi perawat.

Terlebih kesempatan akses pendidikan profesional, seperti pendidikan spesialis kegawatdaruratan. "Akses edukasi dan training harus dibuka untuk memperkuat perawat," ujar Yanny.

Baca juga: ITS Buka Sarjana Terapan Jalur Mandiri, Cek Syarat dan Biayanya

Sebagai garda terdepan, perawat juga harus mampu menerapkan safety practice agar bisa terhindar dari paparan Covid-19. Disiplin menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) yang tepat sesuai dengan kondisi kegawatdaruratan harus terus diterapkan oleh perawat.

Tantangan perawat saat ini

Yanny mengungkapkan, profesi perawat dihadapkan pada berbagai tantangan lainnya, yakni:

  • Fasilitas yang kurang memadai.
  • Sejumlah fasyankes masih belum adekuat, terutama di sektor logistik.
  • Ketersediaan APD yang terbatas.
  • Keterbatasan tenaga perawat kerap terjadi di beberapa wilayah.
  • Penguatan kepemimpinan di sektor keperawatan.

Baca juga: 32.063 Calon Mahasiswa Rebutkan Kuota Jalur Ujian Mandiri Undip

Yanny menjelaskan, representasi kepemimpinan seorang perawat dalam level yang lebih tinggi dipandang masih kurang. Perawat seyogianya punya kontribusi penting dalam pengambilan kebijakan melalui dukung kepemimpinan yang kuat.

"Tidak kalah penting, peran perawat dalam hal promosi dan edukasi kesehatan mengenai Covid-19 sangat dibutuhkan," tegas Yanny.

Baca juga: Unpar Targetkan Vaksinasi Covid-19 bagi 6.000 Warga Bandung Raya

Saat ini, lanjut Yanny, keberhasilan memutus penularan Covid-19 bergantung penuh dari perubahan perilaku masarakat. Pemberian edukasi harus dilakukan berkelanjutan dan tidak bisa dilakukan dengan cara biasa.

"Edukasi ini memerlukan sentuhan teknologi dan kreativitas agar proses ini bisa berlangsung tanpa memunculkan risiko penularan baru," beber Yanny.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com