Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wakili Indonesia di Kompetisi Internasional, ITS Siap Juarai RoboCup 2021

Kompas.com - 24/06/2021, 20:01 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 tidak menjadi halangan bagi mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) untuk terus mencetak prestasi di berbagai kompetisi. Seperti kompetisi RoboCup 2021 Worldwide yang saat ini sedang diikuti oleh Tim Robotika ITS secara daring, yang dimulai Selasa (22/6/2021).

RoboCup merupakan kompetisi robot prestisius yang bertaraf internasional. ITS menjadi perguruan tinggi satu-satunya di Indonesia yang lolos dalam seleksi RoboCup 2021 Worldwide.

Sebelumnya, ITS telah aktif berkompetisi sejak RoboCup 2018 yang diselenggarakan di Kanada. Saat itu, Tim Robotika ITS berhasil menduduki peringkat tertinggi, yaitu sebagai juara pertama.

Pada event RoboCup 2021 Worldwide, ITS mengirimkan dua perwakilan, yaitu Tim Ichiro yang siap untuk bertanding pada kategori Humanoid Soccer League dan Tim IRIS yang akan bertanding pada kategori Middle-Size League.

Baca juga: Raih Nilai Sempurna di UTBK 2021, Ini Cerita Hanan dan Irfan

Pembimbing dari Tim Ichiro, Muhtadin menjelaskan pada kategori Humanoid Soccer League, peserta diwajibkan untuk mendesain robot dalam bentuk 3 Dimensi (3D) lengkap dengan kinematikanya.

Kemudian peserta juga harus menyusun pemrograman pada robotnya. Robot dalam bentuk 3D beserta programnya ini selanjutnya akan di-submit ke Cloud server panitia.

“Nantinya, panitia akan mempertandingkan robot dan algoritma milik peserta dalam simulator robot milik panitia untuk kemudian robot akan bermain bola secara otonom layaknya pertandingan dalam dunia riil,” terang Muhtadin seperti dirangkum dari laman ITS, Kamis (24/6/2021).

Salah satu anggota tim programming Ichiro, Segara Bhagas Dagsapurwa, menjelaskan bahwa sampai saat ini robot-robot Ichiro telah mampu bertanding pada simulator seperti yang diminta oleh panitia.

Baca juga: Kampus Mengajar Angkatan 2 Dibuka, Mahasiswa Dapat 20 SKS hingga Insentif

“Alhamdulillah kami lolos seleksi tersebut, saat itu ada 17 tim dari 12 negara yang lolos pada tahap awal,” ujar Segara.

Kemudian tim berhasil melanjutkan ke tahap dengan aturan yang ketat, yakni tahap yang paling sulit hingga menyebabkan tiga tim mengundurkan diri.

Sementara tim robot beroda IRIS juga intensif mengembangkan robotnya untuk dapat bertanding pada RoboCup 2021.

Pembimbing Tim IRIS, Rudy Dikairono mengatakan salah satu kendala dalam mempersiapkan kompetisi ini adalah adanya pandemi Covid-19. Pandemi ini memaksa tim robot ITS untuk memulai kegiatan agak terlambat karena mahasiswa yang terlibat masih di rumah masing-masing.

Namun, imbuh Rudy, pada akhirnya beberapa mahasiswa yang terlibat dalam perlombaan ini bersedia untuk datang ke kampus.

Baca juga: UGM Buka Beasiswa S2 untuk 14 Prodi, Bantuan UKT hingga 100 Persen

“Kami berkomitmen untuk melaksanakan protokol kesehatan yang sesuai dengan aturan yang berlaku, agar kami semua tetap aman, namun tetap mampu berprestasi,” jelas dosen Departemen Teknik elektro ITS ini.

Rudy juga menambahkan bahwa semangat tim robot ITS dalam kompetisi RoboCup 2021 Worldwide ini juga diapresiasi oleh Dewan Juri Kontes Robot Indonesia serta Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com