Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Jalur Mandiri PTN yang Ditutup Hari Ini, Segera Daftar

Kompas.com - 17/06/2021, 13:09 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021 telah diumumkan Senin (14/6/2021) sore oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Bagi calon mahasiswa yang belum lolos masuk PTN melalui jalur SBMPTN 2021, masih ada kesempatan untuk masuk PTN favorit melalui jalur mandiri. Masih ada sejumlah PTN yang kini masih membuka pendaftaran jalur mandiri 2021.

Melansir laman resmi PTN, ada beberapa jalur mandiri yang pendaftarannya terakhir hari ini, Kamis (17/6/2021). Bagi calon mahasiswa yang ingin mendaftar, disarankan untuk segera melengkapi berkas.

Berikut jalur mandiri PTN yang ditutup Kamis 17 Juni 2021, namun batas akhir pendaftaran bisa berubah bergantung pada kebijakan PTN bersangkutan. Sehingga calon mahasiswa bisa melihat ketentuan dan perkembangan jadwal di laman masing-masing PTN ini:

Baca juga: Kuliah Gratis di BRI Institute lewat Beasiswa Aperti BUMN, Ini Cara Daftar

1. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Jalur SKMP dibuka untuk semua program studi sarjana dan sarjana terapan yang diselenggarakan oleh ITS.

ITS juga menerima calon mahasiswa dari non-eksakta untuk program studi Desain Produk Industri, Desain Interior, Desain Komunikasi Visual, Perencanaan Wilayah dan Kota, tetapi harus mempunyai nilai UTBK Saintek/ TKA Saintek.

Untuk program studi Manajemen Bisnis dan Studi Pembangunan, calon mahasiswa harus mempunyai nilai UTBK Soshum/ TKA Soshum.

Batas akhir pendaftaran jalur mandiri: 17 Juni 2021
Link pendaftaran: https://smits.its.ac.id/ 

Baca juga: Institut Teknologi PLN-Aperti BUMN Buka Beasiswa Penuh Lulusan SMA-SMK

2. Universitas Padjadjaran (Unpad)

SMUP Program Sarjana Jalur Mandiri Unpad dapat diikuti oleh semua Warga Negara Indonesia (WNI) yang lulus pada pendidikan setingkat Sekolah Menengah Atas di tahun 2019, 2020 dan 2021, dengan tidak harus terdaftar sebelumnya sebagai peserta SNMPTN ataupun SBMPTN.

Batas akhir pendaftaran jalur mandiri: 17 Juni 2021 pukul 15.00 WIB
Link pendaftaran: http://smup.unpad.ac.id/ 

3. Universitas Sebelas Maret (UNS)

Seleksi Mandiri Universitas Sebelas Maret (SM UNS) adalah jalur penerimaan mahasiswa baru yang dilaksanakan oleh UNS di luar jalur SNMPTN dan SBMPTN.

Baca juga: BCA Buka Beasiswa 2022 Lulusan SMA/SMK, Kuliah Gratis dan Uang Saku

Seleksi Mandiri Jalur Ujian (SMJU) UTUL UNS diperuntukkan bagi lulusan SMA/MA/SMK atau yang sederajat paling lama tiga tahun terakhir. Melalui jalur ini, calon mahasiswa akan diseleksi dengan menggunakan Nilai Ujian Tulis (UTUL) yang diselenggarakan oleh Universitas Sebelas Maret.

Batas akhir pendaftaran jalur mandiri: 17 Juni 2021 (Ujian Tulis dan Skor UTBK).
Link pendaftaran: https://spmb.uns.ac.id/ 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com