Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ITC dan ETS Gelar Workshop TOEIC Gratis untuk 1.000 Guru SMK, Ini Link-nya

Kompas.com - 16/06/2021, 12:36 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Pemerintah melalui Kemendikbud Ristek memberikan perhatian khusus kepada SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) dengan meluncurkan "Merdeka Belajar Episode 8: SMK Pusat Keunggulan".

“Program SMK Pusat Keunggulan bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang terserap di dunia kerja atau menjadi wirausaha melalui keselarasan pendidikan vokasi mendalam dan menyeluruh,” papar Nadiem, saat peluncuran Merdeka Belajar Episode Kedelapan: SMK Pusat Keunggulan secara online di kanal Youtube resmi Kemendikbud RI pada Rabu (17/3/2021).

Mendukung hal ini, International Test Center (ITC), salah satu social enterpreneur di Indonesia, memberikan perhatian khusus dalam meningkatkan kompetensi guru-guru SMK, khususnya dalam kemampuan berbahasa Inggris.

“Kemajuan SDM Indonesia di dunia global tidak mungkin terjadi tanpa upaya peningkatan mutu para tenaga pendidiknya," ujar Jenny Lee, Chief Operating Officer ITC di Jakarta (16/06/2021).

Jenny melanjutkan, "oleh karenanya, kami akan bekerjasama dengan setiap stake holder yang ada untuk berkontribusi secara nyata dalam mendorong peningkatan mutu tenaga pendidik, khususnya para guru Bahasa Inggris."

"Karena kami yakin, salah satu kunci penting daya saing tenaga kerja adalah kemampuan berkomunikasi secara internasional, khususnya Bahasa Inggris,” tambah Jenny Lee.

Selama ini, ITC telah aktif dalam program peningkatan kompetensi bahasa asing melalui bantuan ujian sertifikasi internasional kemampuan berbahasa Inggris dengan TOEIC (Test Of English for International Communication) bagi siswa SMK.

Hal ini, ungkap Jenny, telah terbukti memberikan dorongan terhadap motivasi peningkatan mutu pendidikan Bahasa Inggris di SMK.

"Partisipasi yang tinggi dari SMK setiap tahun menunjukan adanya peningkatan kesadaran di SMK akan pentingnya Bahasa Inggris dan sertifikasi yang diakui secara internasional bagi lulusan SMK," pungkas Jenny Lee.

Baca juga: Bantu Siswa Siap Kerja, Direktorat SMK Beri Bantuan Hand Tools

Dedikasi untuk guru SMK

Peningkatan mutu pendidikan Bahasa Inggris di SMK tentunya tidak luput dari peran positif guru Bahasa Inggris di SMK.

Oleh karenanya, peningkatan mutu dan kompetensi guru dinilai sebagai upaya strategis yang perlu didukung seluruh pemangku kepentingan pendidikan di Indonesia. 

Mendukung penguatan kompetensi guru SMK, tahun ini ITC dan ETS (Educational Testing Service) menyelenggarakan pelatihan berstandar internasional bagi para guru Bahasa Inggris SMK di Indonesia.

Program bertajuk “The Propell Workshops for the TOEIC” dimulai bulan Juni 2021 tahun ini dan didedikasikan kepada 1.000 tenaga pendidik Bahasa Inggris untuk memperoleh pelatihan berstandar internasional.

"Seluruh biaya akan ditanggung oleh ITC dan ETS sebagai salah satu bentuk dedikasi kami bagi dunia pendidikan di Indonesia dan rekan kami, Direktorat SMK yang juga secara konsisten menunjukan komitmen nyata untuk mendorong daya saing lulusan SMK dengan sertifikasi Bahasa Inggris berstandar internasional, yaitu TOEIC”, tegas Jenny Lee.

Pada kesempatan sama, Yeni Widiyasari, Corporate Communication Manager ITC menjelaskan kegiatan workshops terbuka bagi seluruh guru SMK di Indonesia dan akan berlangsung sebanyak 10 gelombang mulai Juni hingga Agustus 2021.

Baca juga: PPDB 2021 SMA/SMK DIY, Ini Syarat dan Jadwal Pendaftarannya

 

"Workshops ini sangat penting bagi para guru Bahasa Inggris karena di samping materi berstandar internasional yang dikembangkan oleh ETS, para trainernya juga masih langka di Indonesia," jelas Yeni.

"Seperti Ibu Itje Chodijah dan Ibu Hafilia Ismanto yang sarat dengan pengalaman di tingkat nasional maupun internasional. Sehingga harapannya para guru SMK dapat memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya," tambah Yeni.

Informasi lengkap dan pendaftaran dapat diakses melalu tautan www.itc-indonesia.com

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com