Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Ulang SBMPTN Brawijaya 2021, Ini Syarat dan Jadwalnya

Kompas.com - 14/06/2021, 18:02 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Universitas Brawijaya (UB) menerima sebanyak 6.033 calon mahasiswa melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Jumlah ini menempatkan UB menjadi perguruan tinggi terbanyak penerima SBMPTN tahun ini.

Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Aulanni’am, menjelaskan mahasiswa yang diterima pada jalur SBMPTN hanya 8,65 persen dari jumlah peminat sebanyak 69.864 peserta.

“Daftar ulang akan dimulai pada 24 Juni dan bisa dilihat pada Selma UB. Semoga yang memilih SBMPTN tidak mundur," katanya.

Sementara itu, jumlah prodi terbanyak yang menerima jalur SBMPTN untuk kelompok Saintek adalah Agroekoteknologi sebanyak 327 mahasiswa, Peternakan 310 mahasiswa, Agribisnis 188 mahasiswa, Teknik Industri Pertanian 112 mahasiswa dan Kedokteran 100 mahasiswa. 

Baca juga: 20 Prodi dengan Nilai UTBK Tertinggi di SBMPTN 2021

Untuk Soshum adalah Ilmu Hukum 221 mahasiswa, Administrasi Bisnis 168 mahasiswa, Administrasi Publik 148 mahasiswa, Akuntansi 140 mahasiswa dan Manajemen 128 mahasiswa. 

Sementara itu, untuk tahun ini jumlah kuota atau pagu yang ditetapkan UB untuk mahasiswa baru sekitar 15.000 mahasiswa.

Sedangkan untuk kuota jalur SNMPTN, SBMPTN dan Seleksi Mandiri masing-masing 30 persen, 40 persen dan 30 persen. 

“Semoga mahasiswa UB yang diterima nanti bisa disiplin bagaimanapun kondisinya. Pintar saja tidak cukup. Harus disiplin supaya mahasiswa bisa mengikuti .Toh sekarang sudah tidak gaptek lagi. Sekarang sudah siap semua dan nyaman dengan daring Meskipun nanti tidak pandemi pasti ada yang kelas yang tidak daring,” kata Guru Besar FMIPA tersebut.

Dilansir dari laman selma.ub.ac.id, berikut tata cara daftar ulang bagi calon mahasiswa UB yang diterima melalui jalur SBMPTN:

Baca juga: 10 PTN dengan Daya Tampung Jalur Mandiri Paling Banyak

1. Pemberkasan secara online melalui laman https://admisi.ub.ac.id mulai tanggal 21 Juni 2021 pukul 10.00 WIB sampai dengan 3 Juli 2021 pukul 23.59 WIB dengan cara :

  • Lakukan pembuatan akun baru dengan menggunakan alamat email Gmail yang valid. Tautan verifikasi akan dikirimkan melalui email.
  • Login pada laman https://admisi.ub.ac.id dan lakukan verifikasi pemberkasan SBMPTN dengan memasukkan Nama, No Pendaftaran, dan Tanggal Lahir sesuai dengan pendaftaran SBMPTN.

2. Isilah seluruh isian berkas pada laman https://admisi.ub.ac.id secara benar, akurat, dan jujur.

3. Seluruh calon mahasiswa baru termasuk calon mahasiswa pendaftar Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) WAJIB memenuhi beberapa persyaratan yang telah ditentukan Universitas Brawijaya dengan tetap menerapkan protokol Kesehatan guna mendukung pencegahan penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). Adapun beberapa persyaratan pemberkasan secara online antara lain :

  • Foto diri. Foto diri telah tersedia pada laman https://admisi.ub.ac.id sesuai isian pada saat pendaftaran SBMPTN 2021. Ketentuan foto diri adalah posisi foto tampak depan, wajah terlihat jelas, pakaian rapi (bagi yang berjilbab WAJIB menyesuaikan) dengan ukuran 3×4 dengan latar belakang polos warna bebas. Jika terdapat foto diri yang dirasa tidak sesuai, atau ingin melakukan perubahan foto diri dapat mengunggah foto yang sesuai melalui aplikasi Admisi.
  • Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN). Calon mahasiswa yang diterima di program studi pada fakultas yang bukan bidang ilmu kesehatan (selain FK, FKG, dan FKH), WAJIB mengunggah SKBN dengan minimal 3 parameter antara lain Mariyuana (THC), Amphetamine (AMP), dan Morphine (MOP). Surat keterangan bebas narkoba WAJIB ditandatangani oleh Dokter pemeriksa disertai stempel basah. Lokasi pemeriksaan dapat dilakukan di RS Kepolisian, Rumah Sakit Umum Daerah Milik Pemerintah Provinsi/Kota/Kabupaten, Rumah Sakit Swasta, BNN, Puskesmas, Laboratorium yang berwenang dan memiliki legalitas dalam mengeluarkan surat keterangan bebas narkoba.
  • Surat Keterangan Pemeriksaan Buta Warna (hanya untuk program studi yang mensyaratkan). Calon mahasiswa yang diterima di program studi yang bukan bidang ilmu kesehatan (selain FK, FKG, dan FKH) namun diterima pada program studi yang mensyaratkan tidak buta warna atau memperbolehkan buta warna parsial, WAJIB mengunggah surat keterangan pemeriksaan buta warna. Surat keterangan WAJIB ditandatangani Dokter pemeriksa disertai stempel basah.
  • Lokasi pemeriksaan dapat dilakukan di Dokter Spesialis Mata, Rumah Sakit Umum Daerah Milik Pemerintah Provinsi/Kota/Kabupaten, Rumah Sakit Swasta, Puskesmas/Fasilitas Kesehatan, Laboratorium yang berwenang dan memiliki legalitas untuk mengeluarkan surat keterangan pemeriksaan buta warna.
  • Apabila hasil tes buta warna ternyata tidak memenuhi syarat program studi, mahasiswa WAJIB melakukan konfirmasi melalui Halo SELMA https://haloselma.ub.ac.id dengan subyek “Konfirmasi hasil tes buta warna”. Daftar syarat program studi dapat diakses pada tautan berikut : https://selma.ub.ac.id/index-daftar-program-studi/

Baca juga: BCA Buka Beasiswa 2022 Lulusan SMA/SMK, Kuliah Gratis dan Uang Saku

4. Hasil Tes Kesehatan dan Tes Psikologi. Khusus untuk calon mahasiswa yang diterima pada program studi di Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, dan Fakultas Kedokteran Hewan WAJIB melaksanakan Tes Kesehatan dan Tes Psikologi yang dilaksanakan di domisili masing-masing sesuai dengan mekanisme dan prosedur yang tertera.

Untuk pengumuman Tes Kesehatan dan Tes Psikologi Calon Mahasiswa Baru FK, FKG, dan FKH. Sementara, pelaksanaan tes kesehatan dan tes psikologi sesuai dengan jadwal berikut:

  • Pemeriksaan Kesehatan di lokasi/domisili masing-masing: 15-29 Juni 2021
  • Upload (softcopy) dan mengirim berkas (hardcopy): 21-30 Juni 2021
  • Verifikasi oleh tim Tes Kesehatan: 21 Juni-1 Juli 2021
  • Pengumuman hasil tes kesehatan: 2 Juli 2021

5. Wajib mengisi pernyataan kebenaran pengisian data penghasilan penanggung biaya pendidikan yang ada pada laman https://admisi.ub.ac.id

Baca juga: Universitas Pertamina Buka 15 Jenis Beasiswa 2021 bagi Lulusan SMA/SMK

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com