Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Harus Kuliah? Ini Lho 6 Manfaatnya

Kompas.com - 30/05/2021, 14:32 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Bagi lulusan SMA/SMK/Sederajat yang mendapat kesempatan berkuliah, maka harus disyukuri. Ini adalah kesempatan yang tidak bisa dilewatkan.

Tetapi, pernahkan kamu berpikir apa manfaat dari kuliah itu sendiri? Selain nanti lulus punya ijazah Sarjana atau Diploma, apa benefit yang lain?

Bagi calon mahasiswa, berikut ini dijelaskan kenapa harus berkuliah. Informasi dilansir dari akun Instagram Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Jumat (28/5/2021) mengenai manfaat kuliah.

Baca juga: Mahasiswa, Gunakan Pola 40-30-20-10 agar Uangmu Tidak Cepat Habis

1. Jadi pribadi mandiri

Ketika seseorang berkuliah, maka orang itu akan belajar menjadi pribadi yang lebih mandiri. Baik dari segi penataan keuangan, mengerjalan tugas kuliah, atau mengurus kamar kos (bagi mahasiswa rantau).

2. Wawasan luas

Jika kuliah, maka akan memiliki wawasan yang lebih luas. Tak hanya itu saja, orang itu juga akan belajar mengenai perbedaan sudut pandang kehidupan.

Tentu baik ketika menanggapi sebuah permasalahan yang sedang dihadapinya. Atau permasalahan yang akan dihadapi ke depan.

3. Bisa dapat beasiswa

Mahasiswa nantinya akan diberi kesempatan untuk mendapatkan beragam beasiswa dengan syarat dan ketentuan yang berbeda-beda.

4. Ikut lomba atau kejuaraan

Bagi yang memiliki kemampuan lebih, maka bisa mengikuti berbagai lomba serta kejuaraan yang berguna untuk meningkatkan soft skill.

Jika menjadi pemenang, tentunya akan mendapat hadiah sebagai poin plus.

5. Dapat kemudahan melamar kerja

Disamping itu, dengan berkuliah kita juga mendapat kemudahan dalam melamar pekerjaan.

Baca juga: Mahasiswa UB Semester 4 Bisa Kuliah di Kampus Luar Negeri

Ini karena hampir seluruh perusahaan akan melihat nilai serta pengalaman kita selama berkuliah.

6. Punya relasi lebih luas

Nantinya, kamu akan memiliki jangkauan relasi yang lebih luas lagi. Sehingga dapat memudahkan kita ketika mulai terjun di dunia kerja atau berkarir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com