Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar PPDB 2021 Online di 4 Wilayah Lewat Link Berikut Ini

Kompas.com - 29/05/2021, 11:25 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2021 di beberapa wilayah mulai dibuka.

PPDB sendiri, diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah dengan mengacu pada Permendikbud No.1 Tahun 2021 Tentang Penerimaan Peserta Didik Baru.

Oleh karena itu, pemerintah kota/kabupaten berupaya mengembangkan sistem informasi berbasis website yang dapat mempermudah proses PPDB secara daring.

Baca juga: 6 Dampak Negatif Media Sosial, Siswa Wajib Hati-hati

Diantara banyak wilayah yang melaksanakan PPDB ada yang telah menyiapkam sistem daring. Dilansir dari laman Direktorat SMP Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) berikut adalah 4 contoh daerah yang telah mempersiapkan pelaksanaan PPDB daring atau online tahun 2021:

PPDB Jakarta

Bagi siswa SMP yang tinggal di wilayah DKI Jakarta dapat mengikuti PPDB secara daring dengan mengakses laman https://ppdb.jakarta.go.id/

Berdasarkan data di laman tersebut, sejauh ini PPDB Online Jakarta diikuti oleh 290 SMP yang tersebar di seluruh wilayah DKI Jakarta.

Pendaftar bisa mendapatkan informasi lengkap terkait pelaksanaan PPDB di Jakarta seperti jadwal pelaksanaan untuk masing-masing jalur, tahapan pelaksanaan, data SMP yang ikut serta dalam PPDB, dan lain-lain.

Bila ada pertanyaan yang ingin diajukan, atau juga bisa menghubungi nomor Posko Dinas / Posko Wilayah. Informasi lain terkait PPDB Online DKI Jakarta juga dapat dilihat melalui akun Instagram @officialppdbdki.

Baca juga: Tata Cara Prapendaftaran PPDB SMP, SMA dan SMK DKI Jakarta 2021

PPDB Surabaya

Pemerintah daerah Surabaya juga telah menyiapkan platform daring untuk memfasilitasi pelaksanaan PPDB di wilayah Surabaya.

Pendaftar bisa mengakses laman https://ppdb.surabaya.go.id/untuk melakukan validasi data, mengakses informasi data jarak, informasi pembagian zonasi, informasi pendaftaran untuk masing-masing jalur, serta informasi PPDB SMP Swasta.

Para pendaftar dapat login pada laman tersebut menggunakan nomor NIK masing-masing. Bila mengalami kendala dapat menghubungi kontak Sahabat Dispendik Kota Surabaya yang terdapat pada situs website.

Informasi lain terkait PPDB Online Surabaya juga dapat dilihat melalui akun Instagram Dinas Pendidikan Kota Surabaya @dispendiksby.

PPDB Badung

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com