Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadwal dan Syarat Seleksi Mandiri 17 PTN Wilayah Barat

Kompas.com - 28/05/2021, 11:30 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pendaftaran Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat Indonesia (SMM PTN-Barat) telah dibuka. Seleksi jalur mandiri ini penyelenggaraannya dilakukan secara bersama antar perguruan tinggi negeri yang tergabung dalam Badan Kerja Sama (BKS-PTN) Indonesia Wilayah Barat.

Dilansir dari laman smmptnbarat.id penyelenggaraan seleksinya berdasar hasil ujian tulis berbasis komputer (UTBK) yang dilakukan secara bersama di bawah koordinasi panitia SMM PTN-BARAT. Apa saja syaratnya? Berikut rinciannya:

Persyaratan

1. Bagi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C, harus memiliki ijazah.

2. Bagi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2021, telah memiliki Surat Keterangan Lulus yang memuat sekurang-kurangnya informasi jati diri, pas foto yang bersangkutan, serta dibubuhi cap yang sah.

Baca juga: 10 PTN dengan Daya Tampung Jalur Mandiri Paling Banyak

3. Peserta seleksi dalam kondisi kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu proses pembelajaran pada program studinya.
Ijazah adalah 3 tahun terakhir 2019, 2020, dan 2021 kecuali untuk beberapa universitas:

  • UMRAH, UNJA, UTU dan Unimal tahun ijazah 5 tahun terakhir (2017, 2018, 2019, 2020, dan 2021);
  • ISBI Aceh menerima tahun ijazah 10 tahun terakhir yaitu mulai ijazah dari tahun 2012 sampai dengan 2021 dan Paket C maksimal umur 25 tahun; dan
  • UPR 3 tahun terakhir (2019, 2020, dan 2021) untuk Fakultas Kedokteran dan 5 tahun terakhir (2017, 2018, 2019, 2020, dan 2021) untuk fakultas lainnya.

Penerimaan

Peserta seleksi lulus pendidikan menengah, lulus SMM PTN-BARAT 2021, sehat, dan memenuhi persyaratan lain yang ditetapkan oleh masing-masing PTN penerima, termasuk besaran nilai UKT dan Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) atau Biaya Pengembangan Institusi (BPI) yang besarnya dapat dilihat pada website perguruan tinggi masing-masing.

Baca juga: Calon Mahasiswa, Ini 7 Tips Jika Ingin Kuliah Jalur Seleksi Mandiri

Prosedur pendaftaran

  • Pendaftaran SMM PTN-BARAT 2021 dilakukan secara online. Tata cara pendaftaran dapat dilihat di laman web.
  • Pengisian borang (formulir) pendaftaran ujian tulis dan portofolio dilakukan melalui website https://pendaftaran.smmptnbarat.id/ dengan cara memasukan seluruh data yang diperlukan secara benar.
  • Pendaftaran dimulai sejak tanggal 17 Mei-21 Juni 2021, pukul 16:00 WIB, kemudian bagi para peserta ujian SMM PTN-Barat 2021 yang telah melakukan pembayaran biaya pendaftaran paling lambat pada tanggal 21 Juni 2021, pukul 16.00 WIB namun belum menuntaskan pengisian formulir pendaftaran secara online, diberi kesempatan untuk menyelesaikannya dan melakukan simpan permanen paling lambat tanggal 22 Juni 2021, pukul 14.00 WIB dan batas akhir cetak kartu peserta pada tanggal 22 Juni 2021, pukul 14.00 WIB.
  • Pada saat melakukan pendaftaran secara online,bagi peserta yang mengikuti SBMPTN 2021, diminta memasukkan nomor tes SBMPTN 2021 pada kolom yang disediakan.

Baca juga: BCA Buka Beasiswa 2022 Lulusan SMA/SMK, Kuliah Gratis dan Uang Saku

Kelompok Ujian

Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK)
Jenis ujian pada pelaksanaan SMM PTN-BARAT 2021 dibagi menjadi 2 (dua) sebagai berikut:

  • Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek) dengan materi ujian TPS dan TKA Saintek (Matematika Saintek, Fisika, Kimia, dan Biologi)
  • Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum) dengan materi ujian TPS dan TKA Soshum (Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi).

Jumlah dan pilihan prodi

  • Peserta dapat memilih sebanyak-banyaknya 2 (dua) pilihan program studi pada satu PTN atau lebih.
  • PTN pilihan pertama TIDAK HARUS menjadi lokasi mengikuti ujian tulis.
  • Pada masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, lokasi ujian dipilih pada lokasi terdekat tempat domisili peserta saat ini.
  • Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan.

Biaya

  • Biaya registrasi dan seleksi sebesar Rp 350.000
  • Biaya registrasi dan seleksi dapat dibayarkan pada waktu yang ditetapkan melalui Bank mitra yang telah ditetapkan.
  • Biaya registrasi dan seleksi yang telah dibayarkan TIDAK DAPAT ditarik kembali dengan alasan apa pun.

Baca juga: Institut Teknologi PLN Buka Jalur Seleksi D3-S1 Gunakan Nilai Rapor

Jadwal ujian

Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) akan dilaksanakan pada hari Senin s.d. Rabu tanggal 28 Juni-07 Juli 2021. Setiap hari terdiri atas 2 (dua) sesi. Untuk pembagian sesi, bisa dilihat di laman smmptnbarat.id

Baca juga: Tertarik Seleksi Mandiri, Beberapa Tips Ini Perlu Disimak

Pengumuman hasil seleksi

Hasil seleksi SMM PTN-BARAT 2021 akan diumumkan pada tanggal 14 Juli 2021 mulai pukul 16.00 WIB dan dapat diakses melalui laman http://pengumuman.smmptnbarat.id dan laman mirror sebagai berikut:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com