Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikuti Lomba Dongeng Online Gramedia Raih Hadiah Jutaan Rupiah

Kompas.com - 25/05/2021, 12:00 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Membaca dongeng, selalu menjadi kegiatan favorit anak-anak di kala menghabiskan waktu.

Sejak kecil, anak-anak sering mendengar dongeng atau cerita dari orang dewasa. Misalnya, dari para guru dan orangtua.

Namun kini, rata-rata anak usia SD sudah mulai dilatih untuk menjadi seorang storyteller atau pendongeng. Dengan belajar menjadi pendongeng, seorang anak sedang melatih kompetensi komunikasi, kreativitas, dan kemampuan menyimaknya.

Menyadari manfaat tersebut untuk tumbuh kembang anak, Gramedia berupaya mendorong kompetensi anak menjadi pendongeng melalui cabang kompetisi Gramedia Online Competition yaitu Gramedia x Erlangga: Online Storytelling Competition.

Online Storytelling Competition ini merupakan sebuah wadah kompetensi bagi anak untuk menjadi pendongeng.

Baca juga: Cara Cek Siswa Penerima Kartu Indonesia Pintar untuk SD-SMA

Pada gelaran kali ini, Online Storytelling Competition mengambil tema Dongeng Anak Nusantara yang diperuntukkan bagi siswa-siswi SD kelas 1-6.

Periode pendaftaran kompetisi ini dimulai pada 19 April-31 Mei 2021, sekaligus menjadi periode untuk mengunggah karya.

Syarat untuk mendaftar di kompetisi ini yaitu calon peserta melakukan pembelanjaan produk Erlangga for Kids dengan minimal transaksi Rp100.000 di Gramedia Store atau melalui Gramedia Pesan Antar di http://gramediapesanantar.com/

Lalu, calon peserta mengisi data diri di laman https://bit.ly/PendaftaranDongengAnak setelah melengkapi data diri, peserta membuat video mendongeng sesuai tema dengan format landscape (1920x1080) dan durasi maksimal 5 menit.

Baca juga: 7 Keuntungan Membaca Dongeng bagi Anak

Video diunggah ke akun Instagram masing-masing dengan menandai atau tag akun @gramedia, @erlanggaforkids, dan menyantumkan empat tagar: #GramediaXErlangga, #KompetisiDongengAnakNusantara, #TanpaBatas, dan #KreasiTanpaBatas pada kolom caption.

Untuk 10 pendongeng cilik terbaik di Online Storytelling Competition ini, Gramedia menghadiahkan total jutaan rupiah, voucher Gramedia, dan produk-produk eksklusif Erlangga.

Peserta yang memenangkan kompetisi ini akan diumumkan pada 8 Juni 2021. Untuk informasi lomba, peserta dapat mengunjungi https://bit.ly/InfoStorytellingCompetition

Dukungan Gramedia akan dunia literasi terus melekat sejak PT Gramedia Asri Media atau Toko Gramedia didirikan sejak 1970.

Menjadi perusahaan dengan Strategic Business Unit (SBU) Kelompok Kompas Gramedia yang bergerak di bisnis retail dengan produk utama buku dan alat-alat tulis.

Hal ini berkaitan dengan misi untuk ikut berperan dalam usaha mencerdaskan dan mencerahkan kehidupan bangsa melalui penyebaran informasi dan pengetahuan.

Baca juga: Orangtua, Ini 7 Manfaat Mendongeng dan Bernyanyi bersama Anak

Hingga kini, Gramedia memiliki 119 gerai yang tersebar di 33 provinsi dan 54 kota di seluruh Indonesia dengan tak lupa tetap menerapkan standar protokol kesehatan pemerintah.

Dalam perkembangannya, PT Gramedia Asri Media melakukan transformasi toko buku fisik ke bentuk online melalui Gramedia.com.

Hingga 2020, PT Gramedia Asri Media melakukan pengembangan usaha seperti ekspor dan distribusi buku, pengadaan stationery, produk multimedia, fancy, CD, alat musik dan olahraga, serta penerbitan, dengan private label seperti Gramedia Kids, Teeny Teensy, Eversac dan Millors.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com