Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3.513 Mahasiswa IPB Ikut KKNT di Seluruh Indonesia, Ternyata Ini Tujuannya

Kompas.com - 23/05/2021, 15:14 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Tak tanggung-tanggung, kali ini mahasiswa IPB University bakal ikut Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) secara besar-besaran.

Tahun ini, ada sebanyak 3.513 mahasiswa yang bakal disebar ke seluruh penjuru Indonesia. Lantas, apa tujuannya?

Melansir laman IPB University, Jumat (21/5/2021), Rektor IPB University, Prof. Arif Satria berpesan agar momentum KKNT ini menjadi suatu arena pembelajaran. Sebab, sekarang eranya pembelajaran dengan pola-pola induktif.

Baca juga: Turunkan Kolesterol dengan Infused Water Inovasi Mahasiswa UMM

"Pelajaran-pelajaran di lapangan merupakan pelajaran berharga. Jadikan berbagai hal yang ditemukan di lapangan adalah sekolah dan guru kita," ujarnya seperti dikutip dari laman IPB University.

Alam dan lingkungan sebagai sekolah

Prof. Arif juga berpesan agar menjadikan alam dan lingkungan sebagai sekolah. Sementara masyarakat, petani, pemuda, peternak adalah guru kita. Selain itu modal yang penting menjadi mahasiswa adalah berjiwa humble.

"Ilmu kita bukan segala-galanya, masyarakat memiliki knowledge luar biasa, kearifan lokal yang luar biasa. Sehingga humble merupakan modal penting pembelajar,” tegasnya.

Karena itu diharapkan dari pelaksanaan KKNT ini, kehadiran IPB University semakin dirasakan oleh masyarakat.

Keberadaan mahasiswa di lokasi KKNT diharapkan tidak hanya sekedar untuk transfer teknologi, akan tetapi ada take and give sehingga masyarakat dan mahasiswa juga IPB University sebagai institusi meninggalkan kesan yang bermakna.

Baca juga: Riset UGM: Mahasiswa Perlu Skill Ini agar Dapat Pekerjaan Ideal

"Saya berharap mahasiswa dapat memberi semangat baru dan menginspirasi. Bangkitkan semangat pelajar di desa untuk membangun daerahnya," tuturnya.

"Semangat agar anak-anak desa punya cita-cita juga punya kemauan. Saya berharap pula mahasiswa dapat berkontribusi dalam menyebar inspirasi, menebar optimisme. Sehingga anak desa punya mimpi besar dalam hidupnya," imbuhnya.

Tak kalah penting ialah, mahasiswa tidak hanya memiliki motivasi nilai akademik semata, tetapi:

1. Punya motivasi pengembangan diri

2. Meng-improve kemampuan berkomunikasi

3. Menyelesaikan konflik

4. Dapat menginspirasi banyak orang

Tentu semua ini demi menuju perubahan minset yang semakin kuat, menjadi sosok karakter hardskill dan softskill yang menyatu.

"Selalu jaga prestasi, tinggalkan legacy, tinggalkan dengan kenangan yang indah, jaga nama baik institusi dengan memberikan manfaat buat kemajuan Indonesia," tandas Prof. Arif.

Tersebar di seluruh Indonesia

Wakil Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) IPB University bidang Pengabdian Kepada Masyarakat, Dr Sofyan Sjaf menyampaikan KKNT rencananya akan diikuti oleh 3.513 mahasiswa di 153 kabupaten/kota.

Baca juga: Pakar UGM: Pengendalian Non Obat Efektif Tekan Kasus Baru Covid-19

Untuk peta sebaran wilayahnya adalah:

  • Jawa ada di 86 kota/kabupaten
  • Sumatera di 42 kota/kabupaten
  • Malaysia di 8 kota/kabupaten
  • Kalimantan di 6 kota/kabupaten
  • Sulawesi di 4 kota/kabupaten
  • Bali/Maluku/Nusa Tenggara/Papua di 7 kota/kabupaten
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com