Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

252 Bunda PAUD Dapat Bantuan Stimulan, Ini Prasyaratnya

Kompas.com - 14/05/2021, 15:33 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Sebanyak 252 Bunda PAUD bakal menerima bantuan dari pemerintah. Bantuan bagi 29 Bunda PAUD tingkat Provinsi dan 223 Bunda PAUD tingkat Kabupaten dan Kota.

Nantinya, setiap Pokja Bunda PAUD Tingkat Provinsi menerima bantuan sebesar Rp 75 juta, sedangkan untuk Pokja Bunda PAUD Tingkat Kabupaten/Kota menerima bantuan sebesar Rp 50 juta.

Jangka waktu pelaksanaan bantuan 150 hari kalender terhitung sejak 1 minggu setelah dana masuk ke rekening penerima bantuan.

Baca juga: Sering Emosi Hadapi Anak? Ini Cara Atasinya

Sebelumnya, Direktorat PAUD Kemendikbud Ristek menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyaluran Bantuan Peningkatan Peran Bunda PAUD Provinsi dan Kabupaten dan Kota Tahun 2021, Minggu sampai Selasa (9-11/5/2021) secara virtual.

Melansir laman Ruang Guru PAUD Kemendikbud Ristek, Koordinator Fungsi Tata Kelola Direktorat PAUD Kemendikbud Ristek, Muhammad Ngasmawi mengatakan tujuan Bantuan Stimulan Bunda PAUD untuk tingkat Provinsi.

Yakni untuk mendorong peran Bunda PAUD Tingkat Provinsi mewujudkan penyamaan persepsi dan peningkat akses terkait layanan PAUD berkualitas melalui:

1. Pertama Koordinasi dengan Gugus Tugas PAUD Holistik Integratif (PAUD HI), OPD, UPT Kemendikbud Ristek, Organisasi Mitra (Ormit), Forum PAUD, dan pemangku kepentingan lainnya di tingkat provinsi.

2. Kedua, membuat rapat Internal pengurus Pokja Bunda PAUD tingkat provinsi.

3. Ketiga, melakukan Koordinasi dan Advokasi Bunda PAUD Tingkat Kabupaten/Kota dalam rangka peningkatan akses dan penguatan pendampingan untuk satuan PAUD.

4. Keempat, monitoring dan evaluasi terhadap hasil dari program kerja Pokja Bunda PAUD provinsi dalam bentuk jumlah satuan PAUD yang berhasil didampingi di seluruh kabupaten/kota yang ada di provinsi tersebut.

Baca juga: 10 Cara agar Anak Lupa Gadget

Sedangkan tujuan Bantuan Stimulan Bunda PAUD Tingkat Kabupaten/Kota yaitu mendorong peran Bunda PAUD Tingkat Kabupaten/Kota untuk mewujudkan penyamaan persepsi dan peningkatan akses terkait layanan PAUD berkualitas melalui:

1. Koordinasi dengan Gugus Tugas PAUD HI, OPD, UPT Kemendikbud, Ormit, Forum PAUD, dan Pemangku Kepentingan Lainnya di Tingkat Provinsi.

2. Melakukan penguatan Kapasitas Pokja Bunda PAUD Tingkat Kecamatan /Desa/Kelurahan.

3. Koordinasi dan Advokasi Bunda PAUD Tingkat Kecamatan/Desa/Kelurahan, Dinas Pendidikan kab/kota dan/atau lembaga/satuan pendidikan dalam bentuk pendampingan kepada satuan PAUD.

Hal ini dilakukan untuk memenuhi unsur kinerja layanan holistik integratif, melakukan monitoring dan evaluasi terhadap hasil dari kegiatan yang tercantum di Program Kerja Pokja Bunda PAUD.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com