Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ITB Gratiskan UKT Seleksi Mandiri bagi Mahasiswa Tidak Mampu

Kompas.com - 03/05/2021, 17:34 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Institut Teknologi Bandung (ITB) memberikan keringanan bagi mahasiswa kurang mampu yang mengikuti seleksi mandiri di tahun ini.

Keringanan itu berupa pembebasan biaya pendaftaran dan pembayaran uang kuliah tunggal (UKT).

Baca juga: Unpad Buka Jalur Mandiri, Berikut Cara Daftar hingga Syaratnya

Menurut Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITB Jaka Sembiring, ITB memberi gratis biaya pendaftaran bagi calon mahasiswa dengan KIP Kuliah atau keluarga kurang mampu.

Adapun biaya pendaftaran jalur seleksi mandiri ITB, yakni Rp 200 ribu untuk seluruh Program Studi (Prodi), selain prodi di FRSD. Sedangkan prodi FRSD dikenakan Rp 300 ribu.

"Jadi calon mahasiswa dapat dengan mengunggah kartu KIP Kuliah atau keterangan tidak mampu akan digratiskan biaya pendaftarannya," kata Jaka Sembiring melansir laman ITB, Senin (3/5/2021).

Selain biaya pendaftaran, Jaka menegaskan, ITB juga akan memberikan pembebasan UKT bagi calon mahasiswa kurang mampu yang lolos seleksi.

"Pertimbangan prestasi akademik yang tinggi adalah kriteria utama dan satu-satunya dalam proses penerimaan mahasiswa baru di ITB," jelas dia.

Dia menyatakan, jalur Seleksi Mandiri dirancang sebagai skema penerimaan mahasiswa baru program sarjana tanpa subsidi.

Namun demikian, pembebasan biaya pendaftaran dan kuliah bagi mahasiswa kurang mampu, hal itu menunjukkan langkah ITB membuka kesempatan bagi calon mahasiswa tidak mampu secara ekonomi, tapi berprestasi tinggi.

Baca juga: Investasi Cryptocurrency, Dosen Unair: Masyarakat Harus Hati-hati

Selain terbukanya kesempatan bagi calon mahasiswa yang kurang mampu, jalur Seleksi Mandiri juga memberikan bentuk keringanan lain pada mahasiswa lain yang lolos seleksi.

"Dalam hal pembayaran Uang Kuliah Tunggal, ITB memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukannya secara mencicil," ucap Jaka.

Dibuka untuk seluruh prodi

Pada jalur Seleksi Mandiri ITB di tahun ini, calon mahasiswa akan memilih langsung program studi yang diinginkan.

"Seluruh program studi menerima penerimaan jalur Seleksi Mandiri, kecuali program studi di ITB Kampus Cirebon. Hal ini dalam rangka insentif bagi program studi di ITB Kampus Cirebon," tutur Jaka.

Lanjut dia memaparkan, seleksi dilakukan berdasarkan nilai UTBK 2021 dan nilai rapor SMA semester 1-6.

"Khusus FSRD, akan dilakukan ujian gambar yang akan dilaksanakan pada 14 Juni 2021," ungkap dia.

Pendaftaran untuk jalur Seleksi Mandiri telah dimulai hari ini dan akan berakhir pada 10 Juni 2021.

Baca juga: Lulusan SMA dan SMK, BCA Buka 2 Program Beasiswa Tahun Ajaran 2022

Informasi lebih lengkap mengenai persyaratan dan prosedur pendaftaran Seleksi Mandiri dapat dilihat pada situs web resmi https://admission.itb.ac.id/home/sarjana/mandiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com