Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/04/2021, 09:34 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021 masih berlangsung. Meski demikian, ada beberapa PTN yang membuka pendaftaran jalur prestasi.

Seperti halnya Universitas Gadjah Mada (UGM) yang juga membuka pendaftaran mahasiswa baru (maba) jalur prestasi.

Menurut Direktur Pendidikan dan Pengajaran UGM, Dr. Agr. Ir. Sri Peni Wastutiningsih, ada beberapa jalur prestasi UGM yang dibuka, yakni:

1. Jalur PBUK

Pada jalur PBUK (Penelurusan Bibit Unggul Kemitraan), UGM bermitra dengan banyak institusi baik institusi negeri maupun swasta.

Baca juga: Mahasiswa Jogja, Perusahaan Ini Buka Lowongan Magang

2. Jalur PBUB

Jalur PBUB (Penelurusan Bibit Unggul Berprestasi), unggul karena keilmuannya mengikuti beberapa olimpiade seperti olimpiade kimia, geografi, fisika, biologi dan lain-lain.

Dalam PBUB ini ada PBOS (Penelurusan Bidang Olahraga dan Seni), yang diperuntukkan bagi siswa-siswi yang mempunyai prestasi di bidang Olahraga dan Seni.

3. Jalur PBUTM

Jalur PBUTM (Penelurusan Bibit Unggul Tidak Mampu). Jalur seleksi ini diselenggarakan sebagai bentuk kepedulian UGM terhadap siswa dengan kemampuan akademik tinggi tetapi kurang beruntung.

4. Jalur PBUSMAK

Jalur PBUSMAK (Penelusuran Bibit Unggul Sekolah Menengah Atas, Madrasah Aliyah, dan Kejuruan Sekolah Vokasi).

"Sampai saat ini kebijakannya setiap siswa-siswi hanya bisa mendaftar satu jenis jalur prestasi saja," ujar Peni seperti dikutip dari laman UGM, Jumat (30/4/2021).

"Proses seleksinya bareng-bareng, jadi adik-adik diminta memilih salah satu saja, misal memilih PBUB, PBOS, atau PBUK saja," imbuhnya.

Dijelaskan, jalur prestasi terdapat persyaratan umum dan khusus. Persyaratan umumnya adalah jalur prestasi diperuntukkan untuk WNI sehingga khusus jalur ini tidak ada warga negara asing.

Baca juga: Mahasiswa, Simak Strategi Berwirausaha di Era Kebiasaan Baru

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com