Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UI Perguruan Tinggi Terbaik Indonesia Versi Scimago

Kompas.com - 27/04/2021, 15:37 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Indonesia (UI) kembali menorehkan prestasi sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia dalam University Rankings 2021 versi SCImago Institutions Rankings (SIR).

Di Asia, UI menempati peringkat 189, sedangkan di tingkat dunia posisi UI berada di rangking 452.

Baca juga: 20 Universitas Terbaik Indonesia Versi Scimago

SCImago Institutions Rankings merupakan data pemeringkatan dunia yang menilai relevansi publik terhadap riset/penelitian di suatu institusi.

Ada 5 kategori institusi yang dinilai, yaitu institusi pemerintah, institusi kesehatan, perusahaan, lembaga nirlaba, dan universitas.

SIR dikeluarkan oleh SCImago, sebuah grup riset yang terdiri dari the Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC), Universitas Granada, Extremadura, Carlos III (Madrid) dan Alcalá de Henares.

Prestasi membanggakan yang diperoleh UI berasal dari pengukuran tiga indikator, antara lain kinerja riset (50 persen), luaran inovasi (30 persen), dan dampak sosial (20 persen) yang semuanya diukur melalui visibilitas website serta pengolahan data Scopus.

Untuk kategori riset, beberapa penilaiannya mencakup jumlah jurnal, kolaborasi internasional, keterbukaan akses, dan jumlah publikasi berkualitas yang banyak mendapatkan sitasi publik.

Kategori inovasi, penilaiannya antara lain meliputi jumlah publikasi yang disitasi dalam paten dan jumlah aplikasi paten yang dihasilkan.

Sedangkan kategori dampak sosial penilaiannya di antaranya melalui jumlah "mention" publikasi di berbagai platform media sosial (medsos) serta jumlah kunjungan ke website institusi.

Baca juga: ITS Kampus Terbaik Indonesia Bidang Computer Science Versi Scimago

Rektor UI, Ari Kuncoro mengapresiasi lembaga-lembaga penelitian, dosen dan peneliti di UI yang terus memacu dirinya untuk menghasilkan riset-riset yang berkualitas yang dapat direkognisi dunia internasional.

Tentu, kata Ari, keberhasilan ini tidak terjadi hanya karena kemampuan UI sendiri.

Tapi dengan adanya kolaborasi antar pemangku kepentingan.

Dia berharap, UI pada masa depan dapat terus menghasilkan penelitian-penelitian berkualitas.

"Tidak hanya dinilai dengan publikasi internasional, tapi juga mempunyai relevansi terhadap permasalahan di masyarakat," ucap Ari melansir laman UI, Selasa (27/4/2021).

Pada tahun 2021, UI unggul dalam penilaian riset dan dampak sosial, di mana grafik riset UI selama kurun waktu 2015-2019 mengalami kenaikan dalam hal jumlah publikasi dan jurnal yang terdata dalam pangkalan data Scopus.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com