Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sasaran Beasiswa LPDP Diperluas, Mendikbud: Ini Daftar 6 Kelompok Baru

Kompas.com - 23/04/2021, 09:15 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Program Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) kali ini berbeda dari biasanya.

Kali ini, sasarannya diperluas. Dari sebelumnya hanya memiliki tiga program, saat ini bertambah menjadi sembilan.

Hal ini, dijelaskan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim. Ia menjelaskan perubahan pada LPDP dilakukan karena adanya Merdeka Belajar.

Nantinya, beasiswa LPDP tidak hanya bagi para mahasiswa yang ingin melanjutkan studi ke pascasarjana, tapi juga untuk jenjang Strata 1 atau hingga non gelar.

Program tersebut, disebutnya untuk mencapai tujuan utama transformasi pendidikan menuju Profil Pelajar Pancasila.

Baca juga: BCA Buka Beasiswa Penuh Kuliah Bisnis Perbankan untuk Lulusan SMA-SMK

“Kami memperluas inklusivitas beasiswa LPDP. Tidak hanya untuk S2 dan S3, tapi juga Sarjana dan nongelar," kata Nadiem dalam peluncuran kebijakan Merdeka Belajar episode 10 dengan tema Perluasan Program Beasiswa LPDP secara virtual, Kamis, (22/4/2021).

Nadiem ingin, lewat program terbaru ini dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan mengarahkan penerima LPDP lebih menyebar ke banyak daerah.

Ia juga mengatakan faktor terpenting dalam meningkatkan kualitas pendidikan tak lepas dari peran guru. Untuk itu, pihaknya men-support langkah guru dalam mencari ilmu.

“Nantinya, LPDP juga harus fokus pada pendidikan si pendidik untuk meningkatkan level kompetensi, wawasan mereka kebhinekaan global mereka, sehingga Profil Pelajar Pancasila bisa mendarah daging,” ujarnya.

Baca juga: Syarat Daftar Sekolah Tinggi Intelijen Negara, Kuliah Gratis dan Jadi CPNS

Lebih rinci, LPDP sendiri awalnya hanya ada tiga program. Pertama, afirmasi untuk yang berkebutuhan khusus. Kedua, prasejahtera di daerah 3T dan tertarget untuk beberapa sektor, seperti dokter spesialis, TNI, Polri, dan PNS. Ketiga beasiswa umum untuk yang ingin melanjutkan S2, S3, terutama di luar negeri.

Pada perluasan program LPDP, Nadiem menyebut akan menambah 6 kelompok program, dan untuk pertama kalinya LPDP bisa turut mensponsori atau memberikan beasiswa untuk program Kampus Merdeka. Lalu apa saja enam kelompok sasaran yang baru? 

Pertama, bagi mahasiswa yang akan mengajar di daerah 3T, magang di perusahaan, magang besertifikat, atau pertukaran pelajar secara nasional dengan kredit 20 sks di luar kampus, akan bisa didanai LPDP.

"Sebabnya, ada sinkronisasi antara  LPDP dan Merdeka Belajar dari sisi kebijakan hingga output,” kata Nadiem.

Baca juga: Pendaftaran STAN 2021 Dibuka, Ini Syarat Nilai Minimal UTBK 2021

Kedua, program yang disasarkan pada dosen dan tenaga pendidik. Khususnya bagi  dosen S2 dan S3, saat riset, magang industri, atau magang di perguruan tinggi.

Ketiga, program guru dan tenaga pendidikan akan diberikan beasiswa untuk guru agar bisa mencapai tingkat akademis dan spesialisasi yang lebih tinggi.

Keempat, pendanaan bagi program vokasi, yang telah diselaraskan dengan strategi revitalisasi di Dirjen Vokasi."Akan ada berbagai beasiswa untuk berbagai macam instansi di perguruan tinggi vokasi maupun SMK, untuk itu, ini bisa menjadi kabar gembira," jelasnya. 

Kelima, bagi siswa dan mahasiswa yang berprestasi dan melanjutkan studi di S1, juga telah tersedia beasiswa LPDP. Termasuk, mahasiswa S1 yang melanjutkan studi ke S2. 

Keenam, beasiswa kebudayaan. Untuk program ini LPDP akan diarahkan untuk membantu pelaku seni untuk mendapatkan berbagai macam kemampuan untuk meningkatkan kreativitas dan ilmu di bidang seninya.

Dengan enam kelompok baru, artinya sasaran LPDP kini ada 9 kelompok. “Kita menambahkan kategori untuk memperluas dan memperlebar inklsusivitas untuk mendukung target Merdeka Belajar,” tutupnya. 

Baca juga: Kemendikbud Buka Beasiswa bagi Pelajar Papua, 3T hingga Anak TKI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com