Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

H-6 UTBK 2021, Ikuti Tryout Gratis Kompas.com-Quipper

Kompas.com - 06/04/2021, 13:20 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Pelaksanaan Gelombang 1 Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) sebagai syarat ikut Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021 kini tinggal 6 hari lagi.

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) membagi pelaksanaan tes UTBK 2021 menjadi dua gelombang. Gelombang pertama akan berlangsung pada 12-18 April 2021 dan gelombang kedua pada 26 April hingga 2 Mei 2021.

Jadwal dan hari pelaksanaan UTBK pada Gelombang 2 dilakukan penambahan waktu yaitu, pada tanggal 3-4 Mei 2021. Penambahan waktu pada Pusat UTBK di UI, UNJ dan UPN Veteran Jakarta sebanyak 4 sesi. Sedangkan Pusat UTBK Unsulbar pada tanggal 3 Mei 2021 sebanyak 2 sesi.

Baca juga: 10 Politeknik Milik Kemenperin Buka Pendaftaran, Subsidi Biaya Kuliah

Untuk mengetahui seberapa siap kamu mengikuti UTBK SBMPTN 2021, salah satu langkah yang bisa dilakukan ialah mengikuti simulasi ujian alias tryout.

Tak hanya membuat kamu lebih mengenal jenis-jenis soal UTBK, namun tryout juga membantu kamu memahami jenis materi apa saja yang sudah dan belum dikuasai, sehingga bisa menentukan skala prioritas dalam belajar.

Untuk membantu calon mahasiswa melihat peluang di SBMPTN 2021, Kompas.com dan Quipper menggelar tryout UTBK SBMPTN 2021 gratis pada 5-11 April 2021.

Penilaian layaknya UTBK sungguhan

Ada tiga manfaat yang bisa kamu dapatkan melalui tryout ini, salah satunya penilaian dengan sistem IRT.

Baca juga: Catat, Ini Penyesuaian Jadwal dan Pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2021

Nilai tryout akan dihitung dengan sistem penilaian IRT (Item Response Theory) yang digunakan oleh LTMPT.

Penilaian dengan IRT akan memberikan bobot nilai sesuai dengan tingkat kesulitan soal. Semakin banyak soal sulit yang dapat kamu jawab, semakin tinggi pula nilai yang akan kamu dapat.

Jadi, hasil tryout ini bisa membantu kamu untuk mendapatkan gambaran (nilai) seperti pada pelaksanaan UTBK SBMPTN sebenarnya.

Selain itu, kamu juga berkesempatan memenangkan hadiah dengan total Rp 2,5 juta. Yuk, ikutan!

Cara daftar

Untuk mengikuti tryout UTBK 2021 gratis ini, kamu bisa kunjungi laman https://duniakuliah.kompas.com/ 

Lalu, buat akun Kompas (pastikan kamu tidak menggunakan alamat email dan username yang sudah kamu miliki di Quipper). Selanjutnya, ikuti petunjuk dari Kompas.com.

Baca juga: BUMN Bank BRI Buka Beasiswa Penuh untuk Mahasiswa S1

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com