Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unpad Buka Pendaftaran Sarjana Terapan, Ini Syarat dan Cara Daftar

Kompas.com - 23/03/2021, 18:30 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Bertepatan dengan pengumuman hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021, Universitas Padjadjaran (Unpad) membuka pendaftaran seleksi Program Sarjana Terapan tahun akademik 2021/2022, Senin (22/3/2021). Pendaftaran dibuka hingga 5 Juli 2021.

Dikutip dari laman resmi Unpad, seleksi Sarjana Terapan Unpad dapat diikuti oleh peserta yang merupakan lulusan SMA/MA/SMK tahun 2019, 2020, dan 2021, atau lulusan Paket C dengan maksimal usia 25 tahun.

Pelaksanaan tes seleksi program Sarjana Terapan Unpad dilakukan secara daring dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Artinya, calon mahasiswa bisa mengikuti tes dari rumah masing-masing.

Baca juga: Pendaftaran KIP Kuliah SBMPTN 2021 Dibuka, Ini Link dan Cara Daftar

Ujian seleksi program Sarjana Terapan Unpad akan digelar pada 15 Juli 2021. Sementara pengumuman ujian akan dibuka pada 22 Juli 2021.

Prosedur pendaftaran

Adapun tata cara pendaftaran seleksi Program Sarjana Terapan Unpad adalah sebagai berikut:

1. Memeriksa persyaratan umum dan khusus untuk mendaftar ke program studi yang dituju.

2. Mendaftar dan mengisi data secara daring melalui laman https://pendaftaran.unpad.ac.id/login dengan cara mengisi informasi sebagai berikut:

Baca juga: 3 Jalur Masuk UI Ini Tawarkan Beasiswa dan Penyesuaian Biaya Kuliah

  • Nama Lengkap.
  • Nomor Induk Kependudukan (NIK).
  • Alamat E-Mail.
  • Nomor Ponsel.
  • Mengisikan password yang diinginkan untuk login ke portal peserta SMUP. (Password harap disimpan, karena akan selalu digunakan untuk setiap mengakses/login ke laman portal peserta SMUP).
  • Data Kewarganegaraan (country of citizenship).

3. Meng-upload dokumen asli sebagai berikut:

  • Ijazah SMA/MA/SMK/Paket C.
  • Pas foto terbaru berwarna dengan latar belakang putih ukuran 3×4 cm.
  • Kartu Tanda Penduduk.
  • Kartu Keluarga.

Baca juga: 25 Jurusan UI Paling Diminati di SBMPTN 2020

4. Membayar biaya pendaftaran ke Bank yang ditunjuk Unpad dengan sebelumnya mencetak nomor tagihan yang diperoleh pada saat pendaftaran daring.

5. Biaya pendaftaran sebesar Rp 150.000.

6. Uang pendaftaran yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali.

7. Mencetak atau menyimpan kartu peserta ujian yang diperoleh setelah melakukan pembayaran di laman https://pendaftaran.unpad.ac.id/login 

Masa pembayaran biaya seleksi dilakukan mulai 22 Maret hingga 5 Juli 2021 pukul 15.00 WIB. Jadwal ini juga berlaku untuk masa isi data dan unggah dokumen persyaratan.

Baca juga: Mahasiswa Dapat Rp 9 Juta Per Semester, Ini Cara Daftar KJMU 2021

Pelaksanaan Tes

Pelaksanaan tes seleksi program Sarjana Terapan Unpad dilakukan secara daring dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Ini berarti, peserta bisa mengikuti tes dari rumah masing-masing.

Seleksi menggunakan sistem CAT wajib menggunakan perangkat laptop dengan spesifikasi minimal menggunakan sistem operasi windows 7,8, dan 10, prosesor minimal Intel i3, RAM setara atau minimal 4 GB, serta memiliki fitur WebCam yang berfungsi dengan baik.

Peserta juga wajib memiliki koneksi internet dengan kecepatan minimal 1 Mbps dan kuota internet minimal 2 GB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com