Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sosok Christian, Peraih IPK Tertinggi di UI

Kompas.com - 15/03/2021, 16:15 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Christian Evan Chandra dinobatkan sebagai lulusan terbaik di Universitas Indonesia (UI) atas prestasi akademik yang diraihnya.

Dia berhasil menjadi satu-satunya lulusan jenjang Sarjana di UI yang meraih nilai IPK tertinggi 4 dengan predikat Cumlaude.

Baca juga: UI Siap Tampung 8.628 Mahasiswa

Christian merupakan lulusan Sarjana Program Studi (Prodi) Ilmu Aktuaria.

Dia menyelesaikan masa studinya selama 3,5 tahun dengan skripsi berjudul "Metode Bayesian dan Bootstrap untuk Mengestimasi Tabel Mortalitas Lengkapdan Rentang Premi Murni Asuransi Jiwa Tahunan di Indonesia Berdasarkan Tabel Mortalitas Ringkas".

Pria yang akrab disapa Cev ini mengungkapkan rasa syukur atas pencapainnya.

Baginya, hal itu adalah anguerah Tuhan yang sebelumnya tidak pernah dibayangkannya. Karena persaingan kompetensi mahasiswa di prodi baru ini sangat ketat.

"Saya sangat bersyukur kepada Tuhan atas anugerah menjadi lulusan terbaik, sekaligus memberikan yang terbaik bagi program studi baru ini baik di tingkat fakultas maupun universitas," ucap dia melansir laman UI, Senin (15/3/2021).

Selama menempuh pendidikan di FMIPA UI, dirinya cukup aktif dalam mengikuti kompetisi akademik di luar kampus yang membawanya pada gelar juara.

Semua pencapaian itu, kata dia, tak lepas dari dukungan berbagai pihak kampus, terutama dosen di prodinya.

Dosen pengampu di Prodi Ilmu Aktuaria FMIPA UI, kata Cev, sangat profesional, memiliki kompetensi akademik dan mengajar yang mumpuni serta terbuka untuk berdiskusi terkait perkembangan ilmu aktuaria beserta aplikasinya.

Bidang yang mereka kuasai juga lengkap mulai dari dasar matematika, statistika, model aktuaria, komputasi, sampai praktik industri. Para dosen juga telah mengantongi sertifikasi dari Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI).

Baca juga: 3 Jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UI

Bahkan, lanjut dia, Ketua Program Studi Ilmu Aktuaria, yakni Hendri Murfi telah beberapa kali diundang sebagai pembicara untuk berbagi pengalaman terkait keahlian beliau dalam praktik aktuaria.

"Saya sangat senang bisa kuliah di FMIPA UI. Selain lingkungannya yang asri, sarana dan prasarana yang memadai, para dosen pengampunya juga sangat profesional," jelas dia.

Cev diterima di Prodi Ilmu Aktuaria FMIPA UI melalui jalur SBMPTN pada 2017 lalu.

Cev memilih prodi tersebut karena sudah mencintai ilmu matematika beserta implementasinya sejak kecil.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com