Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 PTS Terbaik Indonesia Versi Webometrics, Ada Telkom University

Kompas.com - 23/02/2021, 17:09 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Webometrcis kembali melansir perguruan tinggi terbaik di Indonesia edisi Januari 2021.

Webometrics Ranking of World Universities sendiri diinisiasi oleh Cybermetrics Lab, sebuah kelompok riset yang menjadi bagian dari Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC), badan riset publik terbesar di Spanyol.

Baca juga: 15 Universitas Terbaik di Indonesia Versi Webometrics

Pemeringkatan yang telah dilakukan sejak tahun 2004 ini bertujuan untuk mempromosikan open access terhadap pengetahuan yang dihasilkan oleh perguruan tinggi.

Melansir laman Webometrics, Selasa (23/2/2021) menginformasikan ada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik Indonesia yang masuk dalam pemeringkatan.

Hasil dari pemeringkatan Webometrics edisi Januari 2021, Universitas Indonesia (UI) menduduki peringkat pertama sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

Setidaknya ada tiga indikator penilaian Webometrics dalam dalam menentukan peringkat terbaik perguruan tinggi di Indonesia, yakni impact atau visibility, openness atau trasnparency, serta excellence.

Dari 15 perguruan tinggi yang memperoleh peringkat teratas, ada tiga nama PTS yang masuk, yakni:

1. Telkom University.

2. Universitas Bina Nusantara.

Baca juga: 3 Universitas Swasta Terbaik Indonesia Versi UniRank

3. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Telkom University menjadi perguruan tinggi terbaik ketujuh di Indonesia dan peringkat dunia di posisi 1.376.

Sedangkan Universitas Bina Nusantara berada di posisi 9 dan peringkat dunia di posisi 1.910.

Adapun Universitas Muhammadiyah Yogyakarta berada di posisi 15 dan peringkat dunia di posisi 2.347.

Banyak perguruan tinggi swasta di peringkat terbaik

Selain itu masih ada PTS lainnya yang masuk dalam universitas terbaik di Indonesia versi Webometrics edisi Januari 2021, yakni Universitas Gunadrahma, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Universitas Dian Nuswantoro, dan Universitas Narotama Surabaya.

Kemudian ada Universitas Kristen Satya Wacana, Universitas Islam Indonesia (UII), Universitas Mercu Buana, Universitas Atma Yogyakarta, Universitas Katolik Parahyangan, Petra Christian University, Universitas Muhammadiyah Surakarta, dan Universitas Muhammadiyah Malang.

Baca juga: 15 Universitas Terbaik Indonesia Versi UniRank

Lalu ada, Universitas Widyatama Bandung, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Universitas Esa Unggul, Universitas Trisakti, Universitas Sanata Dharma Sleman, Universitas Tarumanegara (Untar), Universitas Kristen Maranatha, dan yang lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com