Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wujudkan Kuliah S2 di Belanda Melalui Beasiswa StuNed Master 2021

Kompas.com - 21/02/2021, 16:30 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bagi lulusan S1 yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi, mencari program beasiswa dilakukan untuk mewujudkan mimpi tersebut. Apalagi bisa melanjutkan studi S2 di luar negeri.

Bagi kalian yang ingin melanjutkan studi S2 di Belanda, Beasiswa StuNed Master 2021 ini jangan sampai terlewatkan.

Merangkum laman nesoindonesia.or.id, pendaftaran Beasiswa StuNed telah dibuka untuk tahun akademik 2021-2022. Sistem pendaftaran Beasiswa StuNed dilakukan melalui platform DELTA, online application yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Bagi kalian yang tertarik mengikuti program beasiswa ini, dapat menemukan persyaratan pendaftaran Beasiswa StuNed serta format dokumen yang dibutuhkan.

Seperti motivation statement, co-funding statement, dan statement by employer yang perlu diunggah ke platform DELTA melalui tautan: https://www.nesoindonesia.or.id/beasiswa/stuned/stuned-application-documents.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan bahwa setiap universitas mempunyai tautan Delta tersendiri. Untuk mendapatkan tautan untuk pendaftaran Beasiswa StuNed, calon pelamar beasiswa harus mengontak pihak admission dari universitas di Belanda yang telah memberikan letter of admission.

Baca juga: Ingin Kuliah di Jepang? Mitsui Bussan Buka Beasiswa bagi Pelajar SMA

Persyaratan umum

  • Calon pelamar merupakan Warga Negara Indonesia, berdomisili di Indonesia dibuktikan dengan pindaian paspor.
  • Pendidikan minimal S1/D4 dan dapat menunjukkan bukti prestasi akademik (IPK min. 3.00) dibuktikan dengan transkrip dan ijazah yang dilegalisasi dengan tanggal dan tahun kelulusan tercantum di dalamnya.
  • Telah diterima tanpa syarat (unconditional) di salah satu program master yang diselenggarakan di Belanda oleh institusi pendidikan tinggi Belanda dibuktikan dengan Surat Penerimaan (letter of acceptance / admission letter) dari universitas di Belanda.
  • Diutamakan bagi pelamar dengan pengalaman kerja (minimal 3-4 tahun), yang relevan dengan bidang prioritas terutama mereka yang mempunyai kualitas kepemimpinan dan potensi kewirausahaan. 

Hal-hal yang harus diperhatikan

1. Calon pelamar tidak dapat menyimpan data yang diisi pada form pendaftaran pada platform DELTA. Proses pengisian form pendaftaran pada platform DELTA hanya dapat dilakukan dalam satu kali proses pengisian.

2. Sebelum memulai proses pendaftaran di DELTA, siapkan semua informasi dan dokumen yang diperlukan dalam proses pendaftaran.

3. Calon pelamar juga harus memastikan, telah memiliki seluruh dokumen yang perlu untuk diunggah sebelum proses pendaftaran. Setiap dokumen yang diunggah harus dalam format PDF dengan ukuran file tidak melebihi 5 MB. 

Baca juga: Pemerintah Turki Buka Program Beasiswa bagi S1, S2 dan S3

4. Calon pelamar hanya dapat mengajukan satu program studi tujuan untuk aplikasi beasiswa StuNed (tidak boleh double application).

Dokumen yang harus diunggah

  • Pada platform DELTA, ada 5 kategori dokumen yang harus diunggah ke dalam sistem
  • Pindaian paspor (diunggah dengan nama file: Applicant Full Name_Passport)
  • Academic Transcript and Certificate + English Language proficiency + Unconditional Offer letter (diunggah dengan nama file: Applicant Full Name_Academic Transcript-Certificate_English_LOA)

Baca juga: Bisa Pilih 7 Universitas di Jepang, Ajinomoto Buka Program Beasiswa S2

  • Employer Statement (if applicable) + Motivation letter (diunggah dengan nama file: Applicant Full Name_Employer Statement_Motivation Letter)
  • Co-funding Statement (if applicable) (diunggah dengan nama file: Applicant Full Name_Co-funding)
  • Other supporting docs such as awards, other certificate (if applicable) (diunggah dengan nama file: Applicant Full Name_Supporting Docs)
  • Anda bisa menggabungkan beberapa document menjadi satu file (contoh: employer statement dan motivation statement) dengan bantuan situs seperti https://smallpdf.com/.
  • Dokumen dengan catatan if applicable di atas merupakan dokumen yang sifatnya opsional, namun akan mendukung proses pendaftaran Anda dalam proses seleksi Beasiswa StuNed.

Proses seleksi Beasiswa StuNed

1. Pelamar mengajukan pendaftaran Beasiswa StuNed melalui platform DELTA. Pendaftaran masih dibuka hingga 8 Maret 2021 mendatang.

2. Seleksi tahap pertama berupa seleksi dokumen dan administrasi (Maret – April 2021).

3. Seleksi tahap kedua berupa tes psikologi dan wawancara (Minggu ketiga April 2021).

Baca juga: STIE Perbanas Surabaya Berikan Beasiswa Penuh, Ini Syaratnya

4. Pengumuman hasil akhir penerima Beasiswa StuNed untuk batch 2021 dilakukan pada Minggu kedua Mei 2021.

Informasi lebih lanjut seputar proses pendaftaran Beasiswa StuNed melalui platform DELTA, dapat mengirimkan pertanyaan melalui email stunedcontact@nesoindonesia.or.id.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com