Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Belajar Mandarin Kian Asyik dengan Augmented Reality

Kompas.com - 10/02/2021, 13:35 WIB
Mahar Prastiwi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Adanya pandemi Covid-19, pembelajaran online makin diminati. Melalui pembelajaran online, semua orang tetap bisa menambah ilmu tanpa perlu keluar rumah. Termasuk bagi anak-anak yang ingin memulai belajar asing.

Salah satu platform edukasi, Cakap meluncurkan program terbarunya yakni Cakap Mandarin For Kids, Rabu (10/2/2021).

Menurut Co-founder dan CTO Cakap Yohan Limerta, dalam situasi pandemi Covid-19 saat ini, pembelajaran online sangat diminati masyarakat.

Cakap merupakan aplikasi platform pembelajaran online yang sudah berkecimpung di industri education technology selama 5 tahun terakhir. Dan dalam satu tahun belakangan ini pembelajaran online mengalami perkembangan luar biasa.

Baca juga: Belajar dari Orangtua Jepang Cara Menanamkan Disiplin pada Anak

"Pembelajaran online dipilih orangtua dan anak-anak serta para pengajar juga dengan cepat beradaptasi dengan pembelajaran online yang dilakukan," kata Yohan saat launching Cakap Mandarin For Kids yang dilakukan secara daring, Rabu (9/2/2021).

Kelebihan Cakap Mandarin For Kids

Agar materi pembelajaran bahasa Mandarin bagi anak-anak mudah diterima, Cakap menghadirkan pembelajaran yang inovatif dan interaktif.

Salah satunya dengan penggunaan Augmented Reality (AR). Saat mengajar, guru memberikan obyek langsung yang tengah dipelajari.

Dengan melibatkan teknologi dalam pembelajaran, Cakap bisa menjadi teknologi partner antara orangtua, anak dan guru. Selain itu juga memberikan pengalaman belajar yang interaktif dan efektif.

Baca juga: 5 Alasan Pentingnya Kenalkan Bahasa Ibu ke Anak Sejak Dini

"Role play yang digunakan juga sesuai dengan dunia anak-anak. Misalnya saat ke pasar ada buah apa saja, atau ke kebun binatang, apa saja binatang yang ada," papar Yohan.

Cakap Mandarin For Kids ini juga merupakan langkah awal kolaborasi Edtech Cakap dengan AR & CO.

Bahasa Mandarin banyak diminati

Yohan menerangkan, sebelum me-launching Cakap Mandarin For Kids, pihaknya sudah lebih dulu melaunching English For Kids di awal tahun 2020.

Cakap memberikan pembelajaran yang kompetitif, fleksibel dan pilihan guru. Sebelumnya cakap Mandarin sudah ada tapi diperuntukkan untuk orang dewasa.

"Platform ini sudah dipercaya bagi ribuan murid dan perusahaan. Terlebih saat ini Bahasa Mandarin menjadi bahasa asing yang demand-nya paling tinggi setelah Bahasa Inggris," ungkap Yohan.

Baca juga: Anak-anak di Pengungsian Merapi Tetap Semangat Ikuti Sekolah Online

CEO WIR Group Michael Budi menambahkan, penggunaan Augmented Reality ini bisa menghadirkan secara live atau 3 dimensi melalui video conference. 

Sehingga membantu pengajar menciptakan suasana belajar mengajar yang lebih menyenangkan. Apalagi di tengah pandemi masyarakat harus membatasi kontak fisik dengan orang lain.

"Kerja sama dengan Cakap ini tidak akan berhenti sampai di sini. Ke depan ada kolaborasi-kolaborasi untuk berinovasi mencari solusi baru untuk kehidupan yang lebih baik," imbuh Michael.

Saat launching Cakap Mandarin For Kids turut hadir sebagai pembicara Psikolog Anak, Remaja dan Keluarga Ayoe Sutomo dan Parent Influencer Lina Amelia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com