Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Pelatihan Non Degree untuk Anggota Legislatif, Berikut Rinciannya

Kompas.com - 28/01/2021, 13:39 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Untuk mencetak SDM unggul, Sekolah Pasca Sarjana (SPS) Universitas Airlangga (Unair) membuka program khusus non degree bernama Executive Learning Hub (ELH).

Program yang di luncurkan pada, Selasa (26/1/2021) ini merupakan cara Unair untuk menjawab tantangan tenaga kerja sesuai Revolusi Industri 4.0.

Melansir dari laman unair.ac.id, Direktur SPS Unair, Badri Munir Sukoco, mengungkapkan hadirnya ELH merupakan bentuk realisasi atas agenda pemerintah dalam pengembangan sumber daya manusia yang sesuai dengan revolusi industri 4.0.

"Program ini begitu penting karena dari segi SDM, Indonesia masih tertinggal. Bahkan yang terakhir global competitiveness kita turun di peringkat 50 dunia. Hal ini bisa berdampak ke ekonomi dan pendapatan per kapita. Maka dari itu peningkatan kompetensi angkatan kerja begitu penting,” kata Badri.

Program ELH sendiri merupakan program layanan bagi eksekutif, direktur, atau manajer.

Adapun rogram ini sendiri juga bisa dipilih oleh akademisi, pegawai pemerintah, mahasiswa, maupun individu lain yang berminat untuk melakukan upgrade ilmu dan pengetahuan terkini.

Baca juga: Unair Ciptakan Aplikasi DokterSafe, Ini Fiturnya

Lebih rinci, Manajer ELH Aria Auliandri mengatakan dalam ELH sendiri akan ada 23 course atau pelatihan yang mencakup berbagai bidang yang mampu meningkatkan kompetensi dan skill peserta.

"Pelatihan tersebut akan mencakup pelatihan berbasis manajemen bisnis, hukum, penulisan akademik, maupun data science. Kita menyusun berbagai pelatihan tersebut sesuai dengan situasi terkini serta riset terhadap problematika di beberapa instansi maupun perusahaan," imbuhnya.

Nah, untuk pelatihan full year maupun short course sendiri terbagi dalam lima topik diantaranya:

  1. Academic Writing Academy (AWA)
  2. Topik Data Analysis
  3. Topik Management
  4. Topik Hukum
  5. Topik Data Science

Di setiap topik ini, ada beragam pelatihan yang akan diperoleh calon peserta. Misalnya, di topik manajemen ada pelatihan manajemen perubahan atau di topik hukum, ada pelatihan perancangan peraturan perundang-undangan.

Uniknya, ada juga short course bagi anggota dewan atau siapapun yang ingin belajar mengenai pengembangan legislatif, bisa mendapatkan pelatihan pengembangan kapasitas anggota legislatif.

Baca juga: Guru Besar Unair: Adanya Kelompok Anti Vaksin karena Kurang Pemahaman

Termasuk, bagi peserta yang ingin menaikkan keilmuan mengenai hukum dan sengketa, bisa mengikuti pelatihan penyelesaian sengketa alternatif dalam Sengketa Bisnis.

Program ELH sendiri seluruhnya akan digelar secara daring dan siap diisi oleh para tutor yang telah berpengalaman di bidangnya.

Tutor-tutor ELH sendiri merupakan dosen-dosen terbaik Unair yang memiliki kompetensi secara konseptual maupun pengalaman sebagai praktisi dan konsultan di pemerintahan maupun swasta.

Programnya sendiri, akan dimulai pada 16 Februari 2021. Aria mengungkapkan hingga kini sudah ada beberapa peserta yang mendaftar short course ELH.

"Persiapan kami tiga bulan penuh, dan kami siap memberikan layanan terbaik untuk meningkatkan kompetensi serta skill. Maka peserta yang mengikuti program ini tidak hanya akan menerima benefit ilmu, tetapi juga sertifikat, materi pelatihan, serta konsultasi," pungkasnya.

Selain program non degree, ELH turut menyediakan program lain seperti sertifikasi keahlian maupun konsultasi industri dan organisasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com