Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siapkan SDM Unggul, Kalbis Institute Jalin Kerja Sama Nanjing Xiaozhuang University

Kompas.com - 18/01/2021, 21:23 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Kalbis Institute bekerjasama double degree dengan Nanjing Xiaozhuang University, Tiongkok, untuk beberapa program studi. Kerjasama ini dilakukan secara daring, sebagai adaptasi pembelajaran pendidikan tinggi di tengah pandemi.

Untuk angkatan pertama ini, Kalbis Institute mengirikam tiga mahasiswa mereka dari program studi Informatika angkatan 2017 yakni nama Patricia Fiona, Mathias Yeremia Aryadi, dan Ying Chen.

Rencananya, mereka akan menjalani perkuliahan di Kalbis Institute selama dua tahun, lalu akan berkuliah di Nanjing Xiaozhuang University selama dua tahun.

Program double degree ini mendapat dukungan program beasiswa dari pemerintah Tiongkok sebesar 28.000 Renmimbi atau sekitar 61 juta rupiah per mahasiswa.

Kalbis Intitute juga memberikan beasiswa dalam bentuk bantuan biaya medical check up, dormitory atau asrama, asuransi, biaya buku, dan subsidi lainnya.

Nantinya para lulusan program ini akan mendapatkan dua gelar yaitu Sarjana Komputer dan Bachelor of Information Engineering dari Nanjing Xiaozhuang University.

Baca juga: 5 Universitas Ini Jadi Kampus Terhijau di Indonesia, Seperti Apa?

“Kami berharap kerjasama dengan Nanjing Xiaozhuang University ini akan mampu membawa pengaruh besar dalam peningkatan hasil lulusan di Kalbis Institute," ujar Raymond Christantyo, Brand Communications Manager Kalbis Institute melalui rilis resmi (18/1/2021).

Raymond mengungkapkan hal ini sejalan dengan visi transforming hearts and minds, di mana Kalbis Institute ingin terus mengembangkan kemampuan akademik para mahasiswanya dengan berbagai kolaborasi dan kerjasama, termasuk dengan universitas dari luar negeri.

"Selain itu kolaborasi ini akan terus dilaksanakan dan dijalankan dalam hal-hal seperti penelitian dan kegiatan lainnya, sehingga diharapkan Kalbis Institute mampu mencetak lulusan yang siap di dunia industri," tambahnya.

Harapannya, melalui tema "Kalbis Refresh", hal ini akan membawa perubahan di Kalbis Institute dengan lebih membuka kerjasama dan peluang peningkatan kualitas pendidikan bagi mahasiswa dalam mewujudkan cita-cita pemerintah dalam menciptakan SDM unggul. 

Sebelumnya, Kalbis Institute juga menjalin kerja sama dengan Certified Wealth Manager’s Association (CWMA), lembaga sertifikasi internasional guna menyiapkan program sertifikasi dan peningkatan softskill bagi lulusan Kalbis Institute.

 

Kerja sama dengan CWMA dilakukan dalam memberikan sertifikasi bagi mahasiswa Manajemen, di mana mahasiswa akan mendapat gelar sertifikasi Associate Wealth Manager (AWM) dari CWMA saat lulus dari program Manajemen Kalbis Institute tanpa biaya dan waktu tambahan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com