Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikut Program “Bangkit” Kemendikbud, Mahasiswa Bisa Dapat 20 SKS

Kompas.com - 09/01/2021, 12:55 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Indonesia saat ini telah menjadi negara dengan pertumbuhan ekonomi digital yang paling cepat di Asia Tenggara dengan beberapa Unicorn yang berdiri di Indonesia.

Sehubungan dengan hal tersebut, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bersama Google, Gojek, Tokopedia, Traveloka, dan Deeptech Foundation berkomitmen untuk menyelenggarakan Program Bangun Kualitas Manusia Indonesia (Bangkit) 2021.

Informasi tersebut disampaikan Ditjen Dikti melalui akun Instagram resmi, Jumat (8/1/2021). "Kabar bahagia pendaftaran program Bangun Kualitas Manusia Indonesia (Bangkit) diperpanjang hingga 14 Januari 2021," tulis Ditjen Dikti.

Baca juga: Beasiswa S1-S2 Brunei, Kuliah Gratis dan Tunjangan Rp 6 Juta Per Bulan

Melansir laman Dikti Kemendikbud, program Bangkit merupakan program pendidikan yang ditujukan untuk mahasiswa yang ingin mempelajari dasar-dasar Machine Learning, Pemrograman Android, atau Cloud Computing yang akan ditawarkan melalui Kampus Merdeka untuk memilih mahasiswa yang memenuhi syarat dari Seluruh Indonesia.

Program ini terbuka untuk 3.000 peserta, mahasiswa yang terpilih akan mengikuti pengalaman belajar online Bangkit selama 18 minggu.

Program Bangkit yang selaras dengan kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, utamanya terkait konsep kegiatan belajar mahasiswa, sehingga dengan mengikuti program ini, dapat diakui sebagai kegiatan belajar mahasiswa setara dengan 20 Satuan Kredit Semester (SKS).

Baca juga: Nadiem Lanjutkan KIP Kuliah di 2021, Targetkan 1 Juta Mahasiswa

Mahasiswa juga akan mendapatkan sejumlah manfaat, yakni:

  • Mendapatkan 20 SKS
  • Mendapatkan sertifikasi dari Google
  • Kesempatan untuk menjadi salah satu dari 10 tim terpilih untuk menerima dana inkubasi untuk proyek yang dibuat
  • Kesempatan menjadi salah satu dari 40 nominator Bangkit untuk mengikuti program UIF di Universitas Stanford

Pendaftaran

Untuk mengenal program ini lebih lanjut, Ditjen Dikti akan melaksanakan sosialisasi program Bangkit pada Sabtu, 9 Januari 2021 pukul 13.00 WIB.

Untuk mahasiswa yang ingin mendaftar sosialisasi dapat mengisi formulir melalui tautan berikut http://bit.ly/sosialisasiprogrambangkit atau ikuti melalu link Youtube https://www.youtube.com/watch?v=NOo-uGnWThQ 

Sementara itu, untuk informasi, syarat, dan pendaftaran peserta dapat dilihat melalui laman http://g.co/bangkit 

Baca juga: Cari Beasiswa Luar Negeri? Ini Jadwal Pameran Pendidikan Januari 2021

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com