Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Lupa, Besok LTMPT Gelar Sosialisasi SNMPTN-UTBK-SBMPTN 2021

Kompas.com - 11/12/2020, 07:48 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Ada tiga jalur untuk bisa masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN), yaitu melalui Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) serta Seleksi Mandiri dengan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Meski tes UTBK sebagai syarat ikut SBMPTN dan Ujian Mandiri masih akan berlangsung tahun depan, namun persiapan perlu dilakukan sedari sekarang agar calon mahasiswa dapat memahami setiap jalur yang akan dipilih.

Untuk itu, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) berkomitmen untuk menggelar sejumlah sosialisasi. Salah satunya Sosialisasi SNMPTN-UTBK-SBMPTN 2021 yang akan diselenggarakan pada Sabtu, 12 Desember 2020 pukul 09.00-12.00 WIB.

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah IPA Sepi Peminat, tetapi Berprospek Cerah

"Acara yang ditunggu-tunggu akhirnya datang juga! Segera daftarkan diri pada Sosialisasi Daring: SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN 2021," tulis akun LTMPT.

Sebanyak 500 guru BK terpilih akan bergabung melalui Zoom. Sementara peserta yang tidak bisa mengikuti melalui zoom, sosialisasi ini juga akan disiarkan langsung melalui kanal Youtube dan Instagram LTMPT Official.

Tentang LTMPT

LTMPT atau Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi merupakan lembaga yang menyelenggarakan tes masuk PT bagi calon mahasiswa baru berdasarkan kesetaraan, keadilan, fleksibilitas, efisiensi dan akuntabel.

Baca juga: 4 Pilihan Jurusan untuk Kamu yang Gemar Main Game

LTMPT merupakan lembaga penyelenggara tes masuk Perguruan Tinggi (PT) bagi calon mahasiswa baru secara terstruktur dan terukur.

Sementara itu, jalur penerimaan mahasiswa baru Program Sarjana pada PTN dilakukan melalui:

Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN) yang dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dan/atau portofolio calon mahasiswa.

Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) dilakukan berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) serta kriteria lain yang disepakati PTN.

PTN juga dapat melakukan seleksi mandiri di mana dapat menggunakan nilai hasil UTBK.

Baca juga: Kampus Swasta Ini Raih Predikat 4 Star di Pemeringkatan Dunia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com