Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Untar untuk Indonesia
Akademisi

Platform akademisi Universitas Tarumanagara guna menyebarluaskan atau diseminasi hasil riset terkini kepada khalayak luas untuk membangun Indonesia yang lebih baik.

Ini Manfaat Kegiatan "Tunjukkan dan Ceritakan" bagi Anak Usia Dini

Kompas.com - 29/11/2020, 11:30 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Christina, Sri Tiatri, Pamela Hendra Heng

KOMPAS.com - Jenjang pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan masa pendidikan paling mendasar karena perkembangan anak pada jenjang pendidikan selanjutnya sangat bergantung pada stimulus yang diterima sejak usia dini.

Oleh sebab itu, tujuan PAUD adalah memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan anak secara menyeluruh, meliputi aspek perkembangan nilai agama dan moral, fisik motorik, kognitif, sosial, bahasa dan seni (Kemendikbud, 2015; Slavin, 2009).

Keterampilan bahasa adalah salah satu keterampilan yang sangat dibutuhkan oleh anak untuk dapat berhasil dalam lingkungan sekolah serta kehidupan sehari-hari (Morrison, 2008).

Keterampilan bahasa meliputi bahasa reseptif dan bahasa ekspresif. Keterampilan bahasa reseptif merujuk pada kemampuan penerimaan dan pemahaman atas bahasa, yaitu adalah membaca dan mendengarkan.

Adapun keterampilan bahasa ekspresif merupakan kemampuan memproduksi bahasa, yaitu dalam bentuk lisan atau tulisan.

Metode yang dapat digunakan untuk mengembangkan keterampilan bahasa adalah mendongeng atau bercerita.

Baca juga: Merdeka Belajar di PAUD adalah Merdeka Bermain

Melalui kegiatan bercerita, anak akan mengembangkan kemampuan berbicara. Selain itu, ketika temannya bercerita, anak mengembangkan kemampuan menyimak/mendengarkan.

Dua kemampuan ini dibutuhkan dalam kegiatan "tunjukkan dan ceritakan".

Metode "tunjukkan dan ceritakan" dapat dilakukan untuk memantau penggunaan kosa kata dan tata bahasa anak, serta mendorong anak untuk menjawab pertanyaan, dan mencari informasi dengan mengajukan pertanyaan (Bowyer-Crane, 2008).

Metode "tunjukkan dan ceritakan" memberi kesempatan bagi anak untuk berbagi narasi lisan tentang objek atau pengalaman dari kehidupan rumah mereka kepada teman sebaya, dan memerlukan dukungan guru (Mortlock, 2014.

Metode yang merupakan bagian dari peer tutoring ini dapat membuat anak menjadi pembelajar aktif melalui interaksi sosialnya dengan orang lain.

Sebagai pembelajar aktif, anak akan mencoba belajar sesuatu dari orang lain, baik orang dewasa maupun yang sebaya (Santrock, 2012).

Beberapa manfaat yang diperoleh dari penerapan metode "tunjukkan dan ceritakan" antara lain melatih anak menjadi presenter (pembawa cerita) dan audiens (mendengarkan cerita), mengajukan pertanyaan yang sesuai dengan tema, serta menghubungkan tanggapan antaraudiens.

Manfaat lainnya adalah meningkatkan kemampuan berpikir kritis, meningkatkan kemampuan observasi, meningkatkan penggunaan kombinasi kata-kata untuk membentuk narasi lisan, serta meningkatkan kepercayaan diri anak (Musfiroh, 2011).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com