Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Isi Waktu Akhir Pekan dengan Tonton 5 Film Bertema Pendidikan

Kompas.com - 21/11/2020, 14:11 WIB
Elisabeth Diandra Sandi,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Menonton film bertema pendidikan merupakan salah satu alternatif untuk mengisi waktu di akhir pekan.

Studi dari Journal for Learning Through the Arts menunjukkan bahwa film dapat membantu seseorang memahami dan mengenali pesan moral dari tokoh.

Meski tujuannya untuk menghibur, tetapi film juga dapat memberikan inspirasi dan mengembangkan pengetahuan dari sudut pandang orang lain.

Baca juga: 5 Drama Korea Selatan Ini Bisa Motivasi Semangat Belajar Siswa

Maka dari itu, Kompas.com merangkum lima film yang dapat menginspirasi peserta ajar, pendidik, dan juga orang tua dalam dunia pendidikan di akhir pekan.

1. X + Y (A Brilliant Young Mind)

Bagi penikmat film perjuangan dengan sedikit kisah romantis, film “X + Y” garapan Morgan Matthews dapat menjadi pilihan untuk mengisi waktu di akhir pekan.

Nathan Ellis (Asa Butterfield) merupakan seorang remaja dari Inggris yang ahli dalam matematika, tetapi mengidap gangguan spektrum autisme.

Sejak mengalami kecelakaan, Nathan gemar ‘bermain’ dengan angka, termasuk bilangan prima. Maka dari itu, ia pun mengikuti seleksi dan menjadi perwakilan Inggris untuk mengikuti Olimpiade Matematika Internasional.

Nathan bersama ibunya, Julie (Sally Hawkins) pergi ke Taiwan untuk melakukan pelatihan. Di sana, Nathan belajar untuk mengungkapkan perasaan dengan kata-kata yang bagi sebagian besar pengidap autisme merupakan tantangan besar.

Lewat film ini, penonton dapat melihat perjuangan Nathan dan lingkungan positif yang diciptakan orangtua serta teman sekitarnya.

2. Naura and Genk Juara

Mengusung konsep drama musikal seperti “Petualangan Sherina”, Eugene Panji menyuguhkan film keluarga yang membahas mengenai perwakilan tiga siswa untuk bersaing dalam kompetisi sains.

Naura, Okky, dan Bimo merupakan teman satu regu yang terpilih mewakili sekolahnya pada perlombaan tersebut di acara Kemah Kreatif, Situ Gunung, Sukabumi, Jawa Barat.

Akan tetapi dalam perjalanannya, tiga sekawan tersebut harus berhadapan dengan Trio Licik yang merupakan kelompok sindikat perdangangan hewan liar.

Kisah “Naura and Genk Juara” dapat mengambarkan hasil dari kreativitas dan perjalanan suatu kompetisi dengan menanamkan nilai cinta pada lingkungan.

3. Spare Parts

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com