Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendikbud Nadiem: Anak Berkebutuhan Khusus Mampu Hasilkan Karya Luar Biasa

Kompas.com - 05/11/2020, 14:30 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Mendikbud Nadiem Makarim secara khusus memberikan pujiannyan kepada siswa berkebutuhan khusus yang mampu menghasilkan ragam kreasi dengan hasil tidak kalah kualitas dibanding rekan sebayanya.

Pujian ini terlontar setelah melihat hasil karya anak berkebutuhan khusus (ABK) dalam Lomba Keterampilan Siswa Nasional Anak Berkebutuhan Khusus (LKSN-ABK) tahun 2020 yang digelar Pusat Prestasi Nasional secara daring 2-4 November 2020 di Bandung, Jawa Barat.

Anak berkebutuhan khusus ternyata mampu membuat hasil karya yang luar biasa bahkan lebih baik dari anak-anak lainnya," ungkap Nadiem dalam penutupan LKSN-ABK 2020, Rabu, 4 November 2020.

"Semoga para pemenang terus mengikuti kompetisi ke jenjang yang lebih tinggi yaitu lomba tingkat internasional. Saya yakin kita pasti bisa bersaing dan menang,” ujar Nadiem melalui video virtualnya.

Lanjut ke tingkat internasional

Dalam kata sambutannya secara virtual, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makariem mengatakan bahwa lomba LKS-ABK yang diselenggarkan secara daring, tidak mengurangi kualitas hasil karya para peserta lomba.

Baca juga: Kisah Ibu Guru Ranti, Tak Surut Langkah Dampingi Siswa ABK Riau

Nadiem menjelaskan, bahwa para pemenang LKSN ABK tahun 2019 diikutsertakan untuk mengikuti kompetisi internasional di Malaysia dan Chicago, Amerika Serikat.

Di Malaysia, mereka meraih 3 medali perak dan 1 perunggu pada lomba 10th Penang International Halal Chefs Challenge 2019 bulan Maret 2019. Sedangkan di Chicago, satu peserta mendapatkan penghargaan pada acara Education Summit Cidesco World Congress tahun 2019 di Chichago, Amerika Serikat.

Dengan mengikuti LKSN-ABK ini, Nadiem berharap, dengan bekal mengikuti kompetisi ini, para peserta dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi, magang, ataupun bekerja.

“Saya juga mengingatkan tidak hanya prestasi yang akan membawa kalian untuk meraih cita-cita tetapi karakter yang kuat. Dengan mengikuti LKSN-ABK, adik-adik telah membuktikan bahwa adik-adik adalah pelajar Pancasila," ujar Nadiem.

"Semoga setelah ini, adik-adik dapat memperkuat yakni pelajar yang bernalar kritis, kreatif, mandiri, gotong royong serta bertakwa dan berakhlak mulia,” pesannya.

Pemenang LKSN-ABK 2020

Hasil kreasi siswa ABK dalam Lomba Keterampilan Siswa Nasional Anak Berkebutuhan Khusus (LKSN-ABK) tahun 2020. DOK. PUSPRESNAS 2020 Hasil kreasi siswa ABK dalam Lomba Keterampilan Siswa Nasional Anak Berkebutuhan Khusus (LKSN-ABK) tahun 2020.

Pada LKSN-ABK 2020, ada sembilan bidang diperlombakan yakni membatik, kriya kayu, tata boga, kecantikan, merangkai bunga, menjahit, teknologi informasi, hantaran dan kreasi barang bekas untuk jenjang SMPLB/SMALB.

Para peserta dari tiap provinsi mengirimkan hasil karya serta video proses pembuatannya ke panitia. Karya tersebut kemudian dinilai oleh juri di bidang masing-masing untuk menentukan juara.

Peraih juara berhak memperoleh sertifikat kejuaraan dan hadiah. Selain itu, peserta Provinsi yang banyak memperoleh juara dalam LKSN-ABK ini menjadi juara umum dan berhak memperoleh sertifikat dan hadiah pembinaan.

Baca juga: Beri Perhatian Khusus, Kemendikbud Gelar Lomba Keterampilan Daring ABK

Berikut daftar Pemenang Juara 1 LKSN-ABK 2020:

  • Juara 1 Membatik: Khanif Maulana, SLB Negeri Cilacap, Jawa Tengah
  • Juara 1 Kriya Kayu: Bondan Setyawan SLB Negeri 1 Bantul, DI Yogyakarta
  • Juara 1 Karya Boga: Siti Agung Gumelar SLB Negeri Pangeran Cakrabuana, Jawa Barat
  • Juara 1 Kecantikan: Putri Widyawati SLBN Kota Magelang, Jawa Tengah
  • Juara 1 Merangkai Bunga: Winta Azmi Fatkhiyyah SLB Negeri Tamanwinangun, Jawa Tengah
  • Juara 1 Menjahit: Ade Sugiarto SLBN Ciamis, Jawa Barat
  • Juara 1 Teknologi Informasi: Meli Meliani SLBN Ciamis, Jawa Barat
  • Juara 1 Hantaran: Juventus Dida Dova SLB Negeri Sukoharjo, Jawa Tengah
  • Juara 1 Kreasi Barang Bekas: Kelvin Ricsky Prakoso SLB Negeri Sukoharjo Jawa Tengah
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com