Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dies Natalis IPB ke-57, Wapres: Dorong Inovasi Pertanian dan Pangan

Kompas.com - 02/11/2020, 19:02 WIB
Dian Ihsan,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Institut Pertanian Bogor (IPB) telah memasuki usia lebih dari setengah abad. Ucapan selamat Dies Natalies ke-57 datang dari banyak kalangan, termasuk Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Ma'ruf memiliki pesan ke IPB, agar IPB terus menjadi lembaga pendidikan kredibel, serta memiliki komitmen tinggi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Baca juga: Pandemi Covid-19, Rektor IPB: Alumni Harus Wujudkan Kemandirian Pangan

"Ini berguna mendorong berbagai inovasi, khususnya di bidang pertanian dan pangan," ucap Wapres melansir laman IPB, Senin (2/11/2020).

Dia menjelaskan, peran IPB sangat penting, karena cabang-cabang keilmuan IPB memiliki kaitan langsung dalam upaya pencapaian ketahanan pangan nasional. Dia pun menegaskan saat ini rakyat Indonesia sedang menghadapi berbagai tantangan dalam mewujudkan ketahanan pangan.

"Tantangan tersebut diantaranya alih fungsi lahan yang menjadi ancaman serius bagi sistem pertanian di Indonesia," ucap pria yang sempat mengemban amanat menjadi Ketua Umum MUI.

Berdasarkan kredibilitas dan pengalaman yang sudah ada, dia berharap ke IPB bisa berperan lebih aktif dalam menjawab tantangan ketahanan pangan nasional.

Dia juga berharap IPB dapat lebih berperan dalam pengembangan dan pelaksanaan kebijakan pertanian, termasuk upaya intensifikasi guna meningkatkan produktivitas pertanian, perluasan lahan pertanian, pencegahan alih fungsi lahan, dan mendorong diversifikasi konsumsi pangan agar tak bergantung pada beras.

Lanjut dia mengatakan, IPB memiliki peran dalam mengembangkan komoditas pertanian dan perkebunan yang memiliki nilai tinggi secara berkelanjutan. Pengembangan ini dimaksudkan untuk meningkatkan nilai tambah ekonomi, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Pengembangan itu, bilang dia, bisa terwujud melalui konsep agromaritim 4.0 yang di gagas IPB.

Baca juga: IPB Diminta Kembangkan Singkong dan Sagu di Lahan 32 Ribu Hektar

"Semoga IPB dapat terus mencetak SDM unggul dan berakhlak mulia, serta mampu menghasilkan inovasi di berbagai bidang guna mewujudkan Indonesia yang lebih maju, mandiri dan sejahtera. Dirgahayu IPB ke-57, terus berkarta nyata untuk Indonesia," tutur dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com