Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/10/2020, 10:55 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 menjadikan dunia pendidikan melakukan adapatasi, mulai dari dalam proses pembelajaran hingga pendampingan penguatan talenta siswa. Langkah ini juga dijalankan sekolah Kharisma Bangsa, Tangerang Selatan, Banten, sehingga tetap melahirkan prestasi meski di tengah pandemi.

Di tengah pandemin, siswa Kharisma Bangsa mampu unjuk prestasi mulai dari tingkat nasional maupun internasional seperti IMO (International Mathematics Olympiad), KSN (Kompetisi Sains Nasional) dan GeCAA (Global e-Competition on Astronomy and Astrophysics).

“Tim Olimpiade Sekolah Kharisma Bangsa (TOSKA) tidak pernah mengenal lelah untuk terus memberikan yang terbaik untuk nusa dan bangsa, terlebih lagi pada masa seperti ini dimana efektivitas pelatihan dan pengajaran terhadap tim olimpiade terus diuji,” ujar Imam Husnan Nugroho, Kepala Sekolah SMA Kharisma Bangsa.

Ia menegaskan, hal ini sekaligus menjadi pembuktian, para siswa memiliki semangat pantang menyerah dalam meraih prestasi, dan juga memberikan kontribusi positif dalam mengharumkan nama Indonesia.

“Kami merasa bangga akan pencapaian yang dicapai siswa Kharisma Bangsa, selama pandemi ini. Keterbatasan bukan menjadi alasan untuk tidak meraih prestasi," tegasnya.

"Terlebih lagi sekolah Kharisma Bangsa akan terus menjaga kualitas didik siswa siswi untuk turut berkontribusi dan berprestasi dalam kancah nasional dan internasional,” tambahnya.

Baca juga: Di Tengah Pandemi, 7 Kampus Ini Raih Prestasi Nasional dan Internasional

Borong prestasi KSN 2020

 

Farrel Dwireswara Salim, siswa Kharisma Bangsa yang saat ini berada di tahun akhir pendidikan SMA berhasil memenangkan medali perunggu di ajang tahunan International Mathematics Olympiad 2020 (IMO 2020) yang diikuyi 616 peserta dari 105 negara.

Ajang tahunan yang ke 61 ini dilaksanakan pada tanggal 21-22 September 2020 secara online yang seharusnya dilaksanakan di Saint-Petersburg, Rusia.

Tidak hanya itu, Farrel juga telah meraih Perunggu di RMM 2020 (Romania Master of Mathematics) dan juga meraih medali perunggu di International Math Olympiad (IMO ) yang diadakan di United Kingdom pada tahun sebelumnya.

Farrel Dwireswara bersama 5 Orang lainnya dari tim Indonesia yang tergabung ke dalam Tim Olimpiade Matematika Indonesia (TOMI) berhasil meraih 2 Emas, 2 Perunggu dan 2 Juara Harapan.

Dalam gelaran Kompetisi Sains Nasional (KSN) 2020 Puspresnas Kemendikbud jenjang SMA, siswa Kharisma Bangsa berhasil membawa pulang 5 medali, terdiri atas:

  • 1 medali emas di bidang Biologi (Muhammad Raja Dzulhijjah Jauhari),
  • 2 medali perak di bidang Kimia (Akbar Febri Wahyu Adrian) dan Matematika (Muhammad Rafi Adzikra), dan
  • 2 medali perunggu di bidang Kimia (Nicholas Jimmy Alden) dan Matematika (Daffa Al Fathan Zaki).

Prestasi sama juga diraih siswa Kharisma Bangsa jenjang SMP, di mana 2 siswa Kharisma Bangsa, Ahmad Fikri Azhari bidang Matematika dan Andias Alfitra Santoso dalam bidang IPA berhasil lolos dalam KSN provinsi dan akan mengikuti KSN tingkat nasional pada bulan November mendatang.

Buka jalur beasiswa

Dalam Kompetisi internasional lainnya, Olimpiade Astronomi dan Astrofisika Internasional (International Olympiad on Astronomy and Astrophysics/IOAA 2020) atau GeCAa (Global e-Competition on Astronomy and Astrophysics), Indonesia mengirimkan 10 siswa perwakilan Indonesia.

Baca juga: Satu Tahun Jokowi-Maruf, Puspresnas: Menjaga Nyala Semangat Prestasi Siswa

 

Salah satunya adalah Siswa Kharisma Bangsa Mohammad Adhimas Rikat. Kompetisi ini berlangsung secara online pada tanggal 25-27 September 2020 dan pengumuman yang dilaksanakan secara Virtual pada tanggal 23 Oktober malam.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com