Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun 2021, Lembaga Kursus dan Pelatihan Bisa Selenggarakan Program D1/D2

Kompas.com - 20/10/2020, 15:48 WIB
Dian Ihsan,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Direktorat Kursus dan Pelatihan Kemendikbud dalam roadmap tahun 2021 menyebutkan bahwa lembaga kursus dan pelatihan (LKP) dapat menyelenggarakan kursus satu tahun (D1) dan dua tahun (D2).

"Kami dipanggil Mendikbud untuk menjabarkan draf Permendikbud Pendidikan Vokasi, terkait LKP bersama Iduka dan perguruan tinggi vokasi bisa selenggarakan kursus 1 tahun (D1) dan 2 tahun (D2). Setelah dijelaskan, beliau tidak keberatan," ucap Direktur Kursus dan Pelatihan Kemendikbud Wartanto melansir laman Vokasi Kemdikbud, Selasa (20/10/2020).

Baca juga: Ditjen Pendidikan Vokasi Tingkatkan Kualitas LKP

Wartanto mengungkapkan bahwa Permendikbud tersebut diperkirakan terbit di akhir bulan Oktober. Petunjuk teknis (Juknis) pun sudah disiapkan untuk pembahasan lebih lanjut.

"Sehingga, diharapkan awal tahun 2021 banyak LKP yang secara resmi dapat menyelenggarakan D1," jelas dia.

Wartanto juga menjelaskan, langkah-langkah yang harus ditempuh LKP untuk menyelenggarakan D1 dan D2. Pertama, LKP harus memiliki izin pendirian sebagai legalitas. Selanjutnya, untuk memenuhi syarat kelayakan, maka LKP harus sudah terakreditasi A atau B.

"Kemudian LKP sudah bermitra dengan Iduka dan menjamin lulusannya diterima Iduka," ungkapnya.

Setelah itu, bilang dia, LKP yang sudah layak harus berstandar Iduka guna pemenuhan syarat menyelenggarakan diploma. Jika klasifikasi sudah dipenuhi, maka LKP harus bermitra dengan perguruan tinggi vokasi sehingga dapat menyelenggarakan D1 dan D2.

Dorong LKP standar Iduka

Maka dari itu, dia menyebutkan, pada 2020 ini Direktorat Kursus dan Pelatihan akan mendorong LKP yang sudah layak untuk menjadi LKP yang berstandar Iduka, sehingga memenuhi syarat untuk menyelenggarakan diploma.

Adapun standar Iduka yang dimaksud adalah mulai dari kurikulum, instruktur, pengelolaan, hingga sarana dan prasarana sesuai dengan yang ada di Iduka.

"Saat ini kita masih merintis LKP agar berstandar Iduka. Jika sudah terealisasikan, maka mulai awal 2021 Direktorat Kursus dan Pelatihan akan bergerak untuk mempertemukan LKP dengan perguruan tinggi vokasi untuk menyelenggarakan program D1 dan D2," sebut Wartanto.

Baca juga: Ketua MPR Dorong Unnes Jadi Kampus Berstatus PTN BH

Dia optimistis pada masa mendatang akan semakin banyak LKP yang layak untuk meningkatkan standarnya sesuai dengan Iduka, hingga mampu menyelenggarakan program D1 dan D2.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com