Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemendikbud Targetkan 405.900 Guru Penggerak hingga 2024

Kompas.com - 13/10/2020, 19:24 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyebut, kuota sasaran program Guru Penggerak tahun 2020 hingga 2024 ialah sebanyak 405.900 peserta.

Jumlah tersebut merupakan akumulasi dari 2.800 peserta di tahun 2020, 13.100 peserta di tahun 2021, 35.000 peserta di tahun 2022, 95.000 peserta di tahun 2023 dan 260.000 peserta di tahun 2024.

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Iwan Syahril mengatakan, program ini diharapkan membuat ekosistem pendidikan di Indonesia semakin banyak guru-guru, semakin banyak pemimpin, yang fokusnya kepada siswa dan pembelajaran.

Baca juga: Asesmen Nasional Pengganti UN, Kemendikbud: Tidak Semua Siswa Ikut

Pertumbuhan Guru Penggerak dikatakan akan mencapai titik kritis yang mengantarkan perubahan berkelanjutan bagi pendidikan Indonesia.

“Yang kita lihat adalah sebuah momentum. Ini sebuah teori inovasi, ini namanya critical mass. Kalau kita lakukan sebuah inovasi, itu tidak bisa langsung terjadi secara massal. Namun kita lakukan secara perlahan, namun ketika sudah sampai pada critical mass-nya atau tipping point, atau di sini diterjemahkan sebagai titik kritis,” papar Iwan saat memberi kata sambutan pada peluncuran angkatan kedua, ketiga, dan keempat program Pendidikan Guru Penggerak, Selasa (13/10/2020).

Budaya inovasi tersebut, lanjut dia, sejalur dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk berfokus pada outcome.

"Seperti arahan Pak Presiden, yang berfokus pada outcome yang terpenting, yaitu dalam hal ini siswa dan pembelajarannya. Tujuan kami mudah-mudahan dengan SDM unggul ini melalui Pendidikan Guru Penggerak, pemerintah daerah dan seluruh wilayah di Indonesia pun terbantu untuk memiliki SDM yang baik, yang kemudian bisa secara strategis untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan kualitas belajar murid di masing-masing daerahnya," terangnya.

Baca juga: Kemendikbud: Asesmen Nasional Dilakukan Murid, Guru dan Kepala Sekolah

Cara mendaftar

Program Pendidikan Guru Penggerak adalah program pendidikan kepemimpinan bagi guru untuk menjadi pemimpin pembelajaran.

Program ini meliputi pelatihan daring, lokakarya, konferensi, dan pendampingan selama 9 bulan bagi calon Guru Penggerak.

Selama pelaksanaan program, guru tetap menjalankan tugas mengajarnya sebagai guru.

Informasi lengkap seputar syarat, tahapan seleksi dan pendaftaran dapat diakses melalui laman https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/ 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com