Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Mahasiswa UB Ciptakan Kasa dari Sarang Laba-laba

Kompas.com - 22/09/2020, 21:30 WIB
Dian Ihsan,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Lima mahasiswa dari perguruan tinggi Universitas Brawijaya (UB) lintas fakultas membuat desain kasa dari sarang telur Laba-laba atau Tarantula (Kaspro). Kain kasa ini bisa mempercepat penghentian darah dan penyembuhan luka terbuka.

Kelima mahasiswa itu terdiri dari Rizki Senna S, Ilham Maulana D, Resti Oktaviarni, Yushidayah N S dan Molanika S. Produk kasa ini sendiri merupakan Program Kreatif Mahasiswa (PKM) Kewirausahaan.

Baca juga: Inovasi Pestisida dari Batok Kelapa Karya Mahasiswa Universitas Brawijaya

Salah satu tim yang membuat desain ini, Rizky Senna mengatakan, sarang telur tarantula dipandang sebelah mata oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Padahal di balik itu semua sarang telur tarantula menyimpan berjuta manfaat yang jarang diketahui.

"Kandungan protein fibroin atau fibrinoin yang tinggi pada sarang telur tarantula mampu membantu mempercepat penghentian darah serta penyembuhan pada luka terbuka," ungkap Rizky dlaam keterangannya, melansir laman Universitas Brawijaya, Senin (21/9/2020).

Dia menyebutkan, luka terbuka yang dibalut dengan kasa akan mengalami regenerasi, karena jumah sel fibroblas, sintesis kolagen, kekuatan tensile, kontraksi luka dan periode epitelisasi.

"Penyembuhan luka Kasa Kaspro melalui kandungan protein yang ada di dalamnya. Cara kerjanya sama seperti kasa biasanya, hanya saja penyembuhan bisa lebih cepat," jelas dia.

Anggota tim lain sekaligus Manajer Produksi, Yushidayah menerangkan, sarang telur tarantula didapat dari hasil pembudidayaan selama sekitar dua bulan, sebelum sarang telur tarantula dipanen. Pembudidayaan tersebut dilakukan dengan bekerjasama dengan mitra pecinta/kolektor tarantula yang ada di Indonesia.

Limbah sarang laba-laba bisa dimanfaatkan

Ming Cu, salah satu pemilik sekaligus mitra tarantula terbesar di Indonesia mengungkapkan, desain inovasi Kasa Sarang Tarantula sangat menarik karena lebih efektif dalam penyembuhan luka dibandingkan dengan kasa konvensional.

Selain itu limbah dari sarang telur tarantula memang jarang digunakan atau diolah kembali menjadi bahan/produk yang bermanfaat.

Baca juga: Universitas Brawijaya Peroleh Dana Hibah Penelitian Covid-19 dari Inggris

"Ya, sangat menarik ya, inovasi dari temen-temen ini bagus sekali, apalagi limbah tarantula jarang juga digunakan atau diolah kembali menjadi bahan/barang yang bermanfaat," tukasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com